Catat! Berikut Voltase Ideal Aki Motor dan Cara Tepat untuk Melepasnya

Catat! Berikut Voltase Ideal Aki Motor dan Cara Tepat untuk Melepasnya

 

Aki atau baterai berperan penting mendukung sistem kerja kelistrikan motor agar selalu berfungsi optimal. Kondisi aki yang menurun tentunya akan berpengaruh pada performa motor. Agar usia pakai aki tetap awet, pemilik kendaraan perlu melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala.

Perawatan tersebut di antaranya seperti pengecekan angka voltase serta cara melepas atau memasang aki motor. Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan pengecekan tegangan aki sangat penting guna melihat kualitas dan kondisi tegangan baterai tersebut. Pemeriksaan pun dianjurkan saat baterai dalam kondisi dingin (sekitar 20°C).

   Baca Juga: NEX II dan NEX Crossover Jadi Motor Paddock Suzuki Ecstar di Mandalika

"Baterai dinyatakan dalam kondisi normal atau full charge jika tegangannya di atas 12,4 volt. Tetapi sebaliknya, jika tegangan berada di bawah 12,4 volt, maka perlu dilakukan pengecasan terhadap baterai tersebut," ujar Ade dalam keterangan tertulis.

Aki motor

Tak hanya memeriksa tegangan aki, proses pencopotan dan pemasangan aki pun tak bisa dilakukan sembarangan. Untuk melepas aki, buka terlebih dahulu terminal negatif, kemudian baru buka terminal positif. Sedangkan, ketika melakukan pemasangan aki kembali, lakukan hal sebaliknya dari proses pelepasan, yakni terminal positif lebih dulu baru kemudian terminal negatif.

   Baca Juga: Daftar Pilihan Warna Lengkap Yamaha All New NMax 155, Ada Apa Saja?

Selain saat mencopot atau memasang ketika mengganti dengan aki baru, hal ini bisa dilakukan pada motor yang jarang digunakan. Melepas aki motor juga bisa membuatnya terhindar dari risiko mengalami soak, khususnya pada motor yang jarang digunakan atau memang ingin diparkir dalam waktu lama. Hal ini turut dijelaskan langsung oleh Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan.

"Misal ditinggal lebih dari seminggu, kalau bisa itu akinya dicopot. Untuk menghindari aki menjadi soak," kata Adih, Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id