Disebut Cepat Habis, Berapa Lama Usia Pakai Ban Motor Soft Compound?

Disebut Cepat Habis, Berapa Lama Usia Pakai Ban Motor Soft Compound?
Selasa, 11 Oktober 2022 10:00
Ruslan Abdul Gani

Saat ini sedang marak penggunaan ban motor jenis soft compound buat dipakai harian. Ban jenis ini memang punya beberapa kelebihan, salah satunya daya cengkeram ke aspal terasa lebih baik dibanding dengan ban jenis compound lain.

Namun sayangnya, ban jenis ini memiliki usia pakai yang tidak lama atau cepat habis. Abdul Malik selaku Service Advisor Rumah Ban Motor menjelaskan masa pakai ban jenis soft compound memang lebih singkat. Umumnya tidak sampai satu tahun sudah habis.

   Baca Juga: Efek Ubah Derajat Kemiringan Pulley Depan, Bikin Akselerasi Naik?

Katanya Lebih Cepat Habis, Berapa Lama Sih Masa Pakai Ban Soft Compound?

“Biasanya sih menurut pengalaman konsumen yang menggunakan, rata-rata 5 sampai 6 bulan sudah habis,” ucap Abdul Malik saat ditemui OtoRider di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Ban soft compound bisa lebih cepat habis karena memang bahan baku karetnya dibuat lebih lembut dan empuk. “Memang bahannya terlalu empuk jadinya cepat terkikis. Coba saja ditekan dengan kuku pasti berbekas dan terasa lembek,” ujar Malik.

Katanya Lebih Cepat Habis, Berapa Lama Sih Masa Pakai Ban Soft Compound?

Jadi, dibandingkan dengan ban jenis compound medium atau keras, usia pemakaian ban soft compound ini jauh lebih singkat. “Kalau untuk ban jenis medium usia pemakaiannya bisa sampai 12 bulan bahkan lebih,” jelasnya.

   Baca Juga: Harga Terkini CRF150L, WR155R, dan KLX 150 (Oktober 2022)

Namun, usia pemakaian ban soft compound balik lagi ke jarak tempuh pengendara. Apabila jarak tempuh motor dalam sehari kurang dari 50 km, tentu usia pakainya bisa lebih panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.