Ganti Oli Mesin Motor Sebaiknya Ikuti Hitungan Bulan atau Kilometer?

Ganti Oli Mesin Motor Sebaiknya Ikuti Hitungan Bulan atau Kilometer?

 

Salah satu cara untuk menjaga kondisi mesin motor selalu dalam keadaan prima adalah dengan mengganti oli mesin secara berkala. Namun, saat ini di kalangan para pemilik motor masih cukup banyak yang bingung, sebenarnya ganti oli itu ikuti hitungan bulan atau kilometer.

Dijelaskan Banyu Sasongko, Owner Beprolube, untuk mengetahui jadwal penggantian oli mesin itu tergantung dari kondisi jalur yang sering dilalui. “Kalau motor digunakan untuk harian dan sering dalam kondisi macet, sebaiknya ganti oli mesin berdasarkan bulan," kata Banyu Sasongko kepada OtoRider  di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Banyu menerangkan saat kondisi jalanan macet sebenarnya mesin motor masih dalam keadaan menyala walaupun jarak atau kilometer yang ditempuh sedikit. “Makanya pergantian oli mesin motor yang dipakai harian dan sering terkena macet sebaiknya diganti setiap 1 bulan sekali meski odometernya belum mencapai waktunya ganti oli,” jelas Banyu.

Ganti Oli Mesin Motor Sebaiknya Ikuti Hitungan Bulan atau Kilometer?

Kemudian, berbeda hal jika motornya sering dipakai tetapi jarang ketemu jalanan yang macet. “Beda lagi kalau motornya jarang dipakai macet-macetan, disarankan berpatokan pada kilometer, tapi bisa juga berpatokan pada bulan, namun pergantiannya bisa lebih lama, misalnya 1 setengah bulan,” terangnya.

Selain itu, Banyu juga menyarankan buat motor yang sering melalui kemacetan sebaiknya pakai oli mesin yang kualitasnya bagus. "Oli mesin yang kualitasnya bagus dapat memperpanjang usia pemakaian dan punya performa melindungi komponen motor dari gesekan yang lebih baik," sarannya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id