Biar Makin Tahu, Ini Arti Kode API di Oli Mesin Motor

Biar Makin Tahu, Ini Arti Kode API di Oli Mesin Motor
Jumat, 22 Juli 2022 21:00
Ruslan Abdul Gani

Pada kemasan oli mesin motor biasanya terdapat beberapa kode spesifikasi, mulai dari tulisan SAE, JASO hingga API. Kalau untuk SAE mungkin sudah banyak yang mengerti, yaitu tingkat klasifikasi kekentalan atau viskositas oli tersebut. Lantas, apa arti dari API?

"Logo tulisan API yang ada di botol oli itu merupakan singkatan dari American Petroleum Institute, jadi semacam badan standarisasi kendaraan di Amerika dan Asia Pasifik. Badan tersebut bertugas untuk mengetes oli, bentuk tesnya beragam," kata Banyu Sasongko, pemilik Beprolube yang merupakan toko oli dan servis motor.

   Baca Juga: Jangan Asal Ngegas, Naik Moge Banyak yang Harus Diperhatikan

Setelah oli mesin diuji oleh API, nantinya akan diklasifikasi berdasarkan kualitas dan kemampuannya. Pada oli mesin biasanya mempunyai sertifikat API S. S merupakan kode yang menandakan kalau oli ini untuk mesin bensin.

Arti Kode API Yang Ada Di Oli Mesin Motor

Lebih lanjut, Banyu menjelaskan setelah kode S tersebut biasanya terdapat huruf juga. “Huruf setelah kode S menandakan standar kualitas oli tersebut. Semakin abjad itu mendekati huruf Z maka kualitas oli mesin akan semakin bagus,” jelas Banyu saat ditemui OtoRider di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Legenda Balap MotoGP Yakin Marc Marquez Bakal Kompetitif Lagi

Jadi, bisa disimpulkan berdasarkan penjelasannya, maka oli mesin motor yang mempunyai sertifikat API SN mempunyai kemampuan untuk melumasi mesin lebih baik jika dibandingkan dengan oli mesin sertifikat API SM, SL bahkan SJ.

Sebagai tambahan informasi, mengutip laman America Petroleum Institute, klasifikasi API terbaru adalah API SN Plus yang mulai diberlakukan sejak Mei 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.