Simak! Berikut Beberapa Ciri Oli Mesin Sudah Harus Diganti

Simak! Berikut Beberapa Ciri Oli Mesin Sudah Harus Diganti
Selasa, 26 Juli 2022 15:35
Ruslan Abdul Gani

Salah satu cara untuk menjaga kondisi mesin motor selalu dalam keadaan prima adalah dengan mengganti oli mesin secara berkala. Dengan demikian, pemilik motor dapat menjaga kualitas oli mesin agar bekerja secara optimal. 

Ternyata, ada beberapa ciri yang bisa dikenali jika oli mesin motor sudah waktunya diganti. Salah satu ciri biasanya timbul suara kasar dari mesin.

   Baca Juga: Skema Kredit Aprilia SR GT 200, Cicilan Per Bulan Mulai Rp 2 Jutaan

“Ciri oli mesin motor harus diganti ditandai dengan timbulnya suara kasar pada mesin. Suara kasar pada mesin motor menandakan kemampuan oli mesin sudah mulai menurun dan sudah tidak mampu melindungi gesekan komponen mesin dengan baik,” kata Banyu Sasongko, Pemilik Beprolube saat ditemui OtoRider di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Beberapa Ciri Oli Mesin Sudah Harus Diganti

Seiring pemakaian, kandungan zat aditif yang ada di oli mesin lama-kelamaan akan rusak. Sehingga, sudah tidak mampu melumasi mesin dengan baik. Selain itu, ciri yang kedua bisa ditandai dari tenaga motor yang mulai menurun.

“Kedua, untuk ciri oli mesin motor sudah harus diganti biasanya tarikan atau tenaga mesin motor jadi lebih berat ketimbang biasanya. Kemudian, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih boros," ucap Banyu.

Cara memeriksa volume oli mesin motor honda beat

   Baca Juga: Cocok untuk Antar Dokumen, Piaggio MyMover Rilis di Jepang

Lebih lanjut, Banyu mengatakan bila feeling pemilik motor tidak terlalu peka terhadap kondisi mesin motornya, bisa dengan cara melihat fisik oli mesinnya.

“Cek volume dan kondisi oli mesin melalui dipstick minimal 1 bulan sekali. Pastikan posisi volume oli tidak ada di bawah batas minimum kapasitas oli pada dipstick. Ciri oli mesin wajib diganti bila kapasitasnya sudah berkurang banyak dari pas pengisian,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.