Jangan Asal Ngegas, Naik Moge Banyak yang Harus Diperhatikan

Jangan Asal Ngegas, Naik Moge Banyak yang Harus Diperhatikan

 

Menggunakan motor gede atau moge alias big bike ternyata tak bisa sembarangan. Apalagi bagi Anda yang baru pernah mencobanya. Bahkan, direkomendasikan untuk melakukan pelatihan terlebih dahulu. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Tamy Pratama, Safety Riding Honda PT Daya Adicipta Motora (DAM). Bukan tanpa alasan, ia menilai ada banyak hal yang harus diperhatikan.

   Baca Juga: Telat Melakukan Perpanjangan SIM, Apa Sanksinya?

"Salah satunya itu karena bobotnya yang lebih besar daripada motor biasa. Dari sumbu roda, dimensinya, power-nya beda. Maka dari itu harus cepat adaptasi dan ketika tidak memahami skill berkendara, bisa mencelakai diri sendiri," katanya di Summarecon Mall, Bekasi, Jawa Barat saat sesi regional launching Honda ADV160.

Lebih lanjut, Tamy mengatakan ada beberapa teknik yang harus diketahui untuk menguasai big bike, mulai dari cara menikung hingga putar balik.

Warna Baru Honda CB650R Neo Sport Cafe

"Biasanya kita berikan pengenalan tentang teknik putar balik, karena setangnya itu kan juga terbatas. Saat menguasai bisa lebih mudah," tambahnya. 

Tamy mengingatkan untuk menggunakan moge jangan hanya karena gengsi, tapi pada kenyataannya tidak mampu menguasai basic skill. Apalagi bagi yang baru beralih dari motor biasa. 

   Baca Juga: Hal Yang Perlu Diwaspadai Ketika Naik Motor Dekat Kendaraan Besar

Untuk itu Honda DAM menyediakan safety reading center yang akan mengajarkan beberapa teknik berkendara yang baik, tak terkecuali untuk big bike

"Bisa hubungi langsung DAM dan itu free bagi yang ingin maksimalkan skill berkendara atau upgrade," ucapnya. 

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id