Jangan Asal Upgrade, Ini Efeknya Jika Ban Terlalu Kecil atau Besar

Jangan Asal Upgrade, Ini Efeknya Jika Ban Terlalu Kecil atau Besar
Selasa, 26 Juli 2022 15:10
Ruslan Abdul Gani

Salah satu modifikasi ringan yang sering dilakukan para pemilik motor yaitu mengubah sektor kaki-kaki, khususnya ban. Ubahan tentunya bisa memberikan kesan berbeda pada motor.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan ubahan ukuran pada ban, yakni jangan terlalu besar dan kecil. Lantas, apa efeknya jika ganti ukuran ban yang terlalu kecil dan besar?

   Baca Juga: Skema Kredit Aprilia SR GT 200, Cicilan Per Bulan Mulai Rp 2 Jutaan

Jadi, mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar akan berpengaruh pada handling, performa motor, dan kinerja ban itu sendiri.

Ban FDR Hover

Selain akibat bobot ban yang bertambah, juga dipengaruhi oleh tapak ban yang menyentuh permukaan jalan menjadi lebih lebar. Hal ini pun bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

   Baca Juga: Panel Instrumen Gesits Bisa Koneksi Smartphone, Tapi...

Sementara, jika mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil, berpengaruh pada daya cengkram ban. Hal ini karena tapak ban yang menempel di aspal jadi lebih sedikit. Sehingga, bisa menimbulkan risiko ban slip dan terjatuh.

Dampak lainnya ketika ukuran ban diganti jadi lebih kecil adalah bisa membuat pengereman jadi tak maksimal. Hal tersebut diakibatkan daya cengkram ban ke aspal saat menerima gaya dorong motor sewaktu mengerem lebih sedikit.

Sumber: Astramotor

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.