Jangan Tunggu Rusak! Ini 4 Tanda Ban Motor Harus Diganti

Jangan Tunggu Rusak! Ini 4 Tanda Ban Motor Harus Diganti

 

Ban motor memiliki masa pakai tertentu untuk diganti secara berkala. Ini adalah langkah penting yang tidak boleh Anda abaikan agar tetap nyaman dan aman saat berkendara. Tak hanya itu, manfaat lain yang akan didapatkan yakni terhindar dari kecelakaan akibat masalah ban. 

Perlu diketahui ada beberapa tanda ban harus diganti, baik bisa dirasakan atau dilihat dengan kasat mata. Berikut beberapa tanda tersebut seperti dikutip dari laman riderstuf, Sabtu (18/6/2022).

   Baca Juga: Tabel Klasemen Sementara MotoGP 2022 Usai Seri Sachsenring, Jerman

PerhatikanTreadWearIndicator (TWI)

Tread Wear Indicator (TWI) merupakan penanda teknis yang harus dicek apakah ban motor Anda sudah harus diganti. TWI sendiri merupakan karet kecil yang terletak di sekitar ulir ban dan berada di bawah permukaan ban. Selain itu, umumnya TWI berbentuk simbol segitiga kecil yang tersemat pada dinding ban.

Tips Ban Motor

Jika ban motor Anda mendekati ujung indikator ini, dianjurkan untuk segera menggantinya. Jangan menahan diri untuk tidak menggantikannya, sebab dapat memengaruhi keselamatan berkendara. 

UsiaBanTerlaluTua

Ban terlalu tua juga bisa menjadi penanda harus segera diganti. Anda dapat memastikan tanggal produksinya yang menjadi salah satu kunci kuat dalam mengganti ban kendaraan. 

Sebab, ketika ban terlalu tua banyak faktor yang menyebabkannya harus diganti. Seperti tekanan ban yang berkurang hingga kondisi cuaca yang membuat ban mengalami penurunan kualitas.

Kode produksi ban motor/ tahun pembuatan

   Baca Juga: Ducati Official Club Indonesia Gelar Munas dan Pilih Ketum Baru

Terlalubanyaktambalan

Ketika ban mengalami masalah kebocoran seperti terkena serpihan kaca atau benda tajam lainya, jalan keluar yang kerap diambil yaitu dengan ditambal. Namun, ketika sudah terlalu banyak tambalan berpotensi membuat ban berada dalam kondisi yang lebih serius dan tidak dapat diperbaiki lagi. Untuk itu, menggantikannya menjadi jalan keluar terbaik. 

Keausantidakmerata 

Perlu dipahami ketika terjadi keausan tidak merata bisa menjadi penanda ban harus segera diganti. Hal ini dapat memengaruhi keseimbangan Anda saat berkendara serta tidak lagi memiliki kendali penuh atas roda kendaraan. Kondisi ini juga bisa diketahui karena suara gemuruh yang terjadi pada roda saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id