Knalpot Motor Mengeluarkan Asap? Kenali Penyebabnya

Knalpot Motor Mengeluarkan Asap? Kenali Penyebabnya
Senin, 19 Desember 2022 17:45
Afrizal Abdul Rahman

Kepulan asap putih yang keluar dari knalpot motor tentu membuat tidak nyaman. Bahkan, bisa membuat mata perih dan berbahaya bagi pengendara lain.

Ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Hal tersebut diutarakan oleh Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Pendek pada Motor?

"Biasanya karena kondisi piston ada baret. Jadi ketika oli turun ke bawah akan menempel di sela baret itu dan tidak terjangkau, ketika ada pembakaran pasti ngebul," katanya kepada OtoRider baru-baru ini.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Tak hanya itu saja, dikutip dari berbagai sumber ada beberapa penyebab motor mengeluarkan asap. Hal ini bisa terjadi karena komponen mesin motor sudah aus seperti bagian piston.

   Baca Juga: Bolehkah Motor yang Sudah Bore Up Mesin Pakai Knalpot Standar?

Sebab, silinder motor bergesekan langsung dengan piston saat mesin bekerja. Ketika aus, kondisi oli mengalir ke dalam ruang bakar.

Selain itu, seal katup yang mengalami kebocoran juga bisa menjadi pemicu munculnya asap pada knalpot. Seal katup merupakan bagian mesin motor yang berfungsi sebagai alur masuknya udara ke ruang pembakaran. Ketika tidak berjalan dengan baik, oli akan masuk ke bagian manifold yang menyebabkan munculnya asap.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.