Kunci Kontak Macet Saat Musim Hujan? Begini Cara Atasinya

Kunci Kontak Macet Saat Musim Hujan? Begini Cara Atasinya

 

Saat ini hampir di sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Motor yang terparkir di ruang terbuka pun kerap kali kehujanan.

Masalah yang paling sering dialami motor yang terkena air hujan yaitu pada bagian kunci kontak. Biasanya lubang kunci kontak yang sering kemasukan air hujan akan mengalami seret atau macet ketika ingin digunakan. 

   Baca Juga: Motor Matic Terasa Slip Usai Terjang Banjir? Ini Solusinya

Kunci Kontak Macet Saat Musim Hujan? Begini Cara Atasinya

Hal tersebut diamini oleh Adi Danu selaku Kepala Bengkel Pro Matic. Ia mengungkapkan masalah lubang kunci macet ini memang sering terjadi, terutama untuk motor yang masih pakai anak kunci atau belum keyless. "Biasanya sering terjadi pada motor yang sering parkir di tempat terbuka," ucap Danu kepada OtoRider.

Kunci yang terasa macet ini umumnya disebabkan oleh kerak dan mulai muncul karat akibat air hujan masuk ke sela-sela lubang anak kunci. "Untuk mengatasinya cukup mudah, semprotkan saja cairan penetran. Tunggu sebentar hingga masuk ke celah-celah, lalu gerakan anak kunci berkali-kali sampai lancar kembali," jelas Danu.

Kunci Kontak Macet Saat Musim Hujan? Begini Cara Atasinya

Danu menjelaskan cara tersebut juga bisa dilakukan untuk mencegahnya. "Semprotkan cairan penetran ke dalam lubang kunci juga bisa untuk mencegah agar kunci tidak seret atau macet," terangnya.

   Baca Juga: Mengapa Motor Habis Menerjang Banjir Harus Langsung Ganti Oli?

Jika kunci mengalami macet tentunya bisa bikin repot. Apalagi buat motor yang cara membuka joknya menyatu dengan kunci kontak. "Kalau lagi dalam kondisi bepergian pasti repot. Apalagi pas ingin isi bensin, mau buka jok tapi susah," tuturnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id