Manfaat Engine Flush saat Ganti Oli Mesin Motor, Sudah Tahu?

Manfaat Engine Flush saat Ganti Oli Mesin Motor, Sudah Tahu?

 

Bagi pemilik motor, penggantian oli merupakan hal yang wajib dilakukan agar kinerja mesin selalu dalam kondisi prima dan terhindar dari kerusakan. Pada saat penggantian oli mesin di bengkel, biasanya ditawarkan engine flush. Lalu, apa itu engine flush dan bagaimana manfaatnya?

Engine flush itu melakukan pembersihan ruang mesin sebelum melakukan penggantian oli baru dengan cairan khusus. Caranya cairan tersebut dimasukan ke mesin bercampur dengan oli lama, lalu mesin dihidupkan beberapa menit, setelah itu baru oli lamanya diganti,” ujar Banyu Sasongko, Owner Beprolube yang merupakan Toko Oli dan Servis Motor.

   Baca Juga: Valentino Rossi Beri Dukungan pada 3 Pembalap Ini, Berharap Raih Podium

Apa Sih Manfaat Engine Flush Saat Ganti Oli Mesin Motor

Engine flush bertujuan untuk menghilangkan endapan kotoran atau merontokkan kerak-kerak oli yang menempel di dalam mesin. Endapan kotoran dan kerak ini kalau dibiarkan bisa menghambat sistem pelumasan dan mempercepat penurunan kualitas oli mesin.

   Baca Juga: Daftar Pilihan Warna Yamaha Fazzio di Thailand, Bisa Jadi Inspirasi!

"Engine flushing ini sangat bagus dilakukan ketika ingin mengganti merek atau jenis oli mesin dan ketika bagian dalam mesin sudah dirasa kotor," jelas Banyu saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Banyu menjelaskan agar bisa merasakan perbedaan saat ganti oli merek baru, memang perlu dilakukan engine flush terlebih dahulu. “Kalau dilakukan engine flush terlebih dahulu pastinya sisa-sisa kandungan oli lama yang menempel di dinding mesin akan rontok, jadi oli merek baru kandungannya tidak tercampur dengan oli lama,” ucapnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id