Mau Ubah Ukuran Ban Motor? Ingat Rumus Ini!

Mau Ubah Ukuran Ban Motor? Ingat Rumus Ini!

 

Modifikasi menjadi hal yang lumrah dilakukan pemilik motor guna mempersonalisasi tampilan kendaraan. Salah satu bagian yang seringkali dimodifikasi adalah area kaki-kaki, khususnya pelek dan ban. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan modifikasi?

Fajar Afriansyah selaku Trainer YRA Safety Riding pun membagikan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memodifikasi ban motor. Ia memberikan contoh ubahan pada motor tipe matic yang umumnya memiliki ukuran pelek 12, 13, dan 14 inci.

   Baca Juga: Pelek All New Vario 160 CBS Bisa Dipasang di Vario 150?

Fajar menambahkan agar pengendara tetap nyaman dan aman saat di jalan raya, untuk memodifikasi ban motor dapat menggunakan rumus paling umum. Rumus tersebut yaitu plus dua tingkat dari ukuran standar.

Yamaha All New Aerox 155 Prostreet

Ban standar motor matic umumnya berukuran 90/80-14. Maka, maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14. Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan spakbor.

   Baca Juga: Beli Honda Vario 160 di Jakarta-Tangerang, Indent Berapa Lama?

Fajar menghimbau ketika melakukan modifikasi ban sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Modifikasi ekstrem diperbolehkan dengan tujuan mengikuti ajang kontes, bukan untuk dikendarai di jalan raya.

"Contoh mengganti dengan ukuran ban lebih kecil, seperti ban sepeda diperbolehkan. Namun, tidak disarankan karena tidak safety riding. Modifikasi seperti itu hanya untuk kepentingan saat ajang saja bukan untuk dikendarai di jalan raya karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain," jelas Fajar.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id