Ini Batas Ketinggian Air yang Bisa Diterobos Motor Matic Saat Banjir

Ini Batas Ketinggian Air yang Bisa Diterobos Motor Matic Saat Banjir
Rabu, 19 Oktober 2022 14:15
Ruslan Abdul Gani

Intensitas hujan yang deras terkadang menyebabkan beberapa ruas jalan mengalami banjir. Meski demikian, mobilitas harian harus tetap dilakukan, makanya banyak yang rela menerobos banjir. Namun, pada saat terpaksa melewati banjir, pengendara harus memperhatikan batas aman ketinggian air yang bisa dilewati motor, terutama untuk tipe matic.

Fajri selaku Mekanik dari Bellissimo Indonesia menjelaskan batas aman motor matic ketika melewati banjir berbeda-beda jika diukur berdasarkan ketinggian air. "Ketinggian motor itu berbeda-beda, jadi tidak bisa dipatok berdasarkan ukuran berapa centimeter," ucap Fajri kepada OtoRider di Serpong, Tangerang Selatan.

   Baca Juga: Tips Aman Berkendara Motor Saat Terpaksa Melewati Banjir

Ilustrasi Motor Banjir

Jika memang terpaksa menerobos banjir, yang paling penting harus diperhatikan yaitu pastikan ketinggian air terlebih dahulu. Jangan sampai ketinggian air sudah melebihi filter udara atau lubang knalpot.

"Ketinggian air harus bisa kita perkirakan terlebih dahulu. Jangan sampai melewati batas lubang udara atau lubang knalpot. Bahayanya air bisa masuk ke dalam mesin dan terjadi water hammer," ujar Fajri.

Servis Gratis Posko Banjir Yamaha

   Baca Juga: Tindakan Pertama Ketika Motor Listrik Mati Usai Lewati Banjir

Jika dilihat, motor matic memiliki filter udara yang lebih rendah dibanding motor jenis lainnya. Oleh sebab itu, pengendara harus lebih berhati-hati. "Umumnya memang filter udara di motor matic berada di atas bak CVT," jelasnya.

Kemudian, jika dirasa tidak melewati batas aman ketinggian air, cara berkendaranya juga tidak boleh sembarangan. "Tips berkendaranya pada saat mulai melewati genangan banjir, rpm atau gas tidak boleh rendah, harus terus idle agak tinggi agar air tidak terhisap masuk dari knalpot," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.