Modif Kaki-Kaki Honda CB150X, Berapa Ukuran Pelek dan Ban Maksimal?

Modif Kaki-Kaki Honda CB150X, Berapa Ukuran Pelek dan Ban Maksimal?

 

Honda CB150X menjadi motor petualang pertama di kelas mesin 150 cc 1-silinder. Motor yang baru diluncurkan pada akhir 2021 kemarin ini banyak yang berminat untuk memodifikasi kaki-kakinya. Lantas, berapa ukuran pelek dan ban maksimal di motor petualang tersebut?

Andi Akbar dari bengkel Katros Garage yang telah memodifikasi Honda CB150X memberikan jawabannya. Menurut Atenx, sapaan akrabnya, untuk ban belakang sudah dipastikan menggunakan pelek ring 17 inci. Jika ukuran diameter pelek belakang diubah, menurutnya akan membuat bentuk motor menjadi aneh.

Modifikasi Honda CB150X Katros Garage

"Dia bisa pakai 3 inci atau 3,5 inci lah. Isunya bukan masalah swing arm, tapi masalah rantai sebelah kiri ya, banyak yang harus dipikir di situ. Nah ban naik satu step saja sebenarnya sudah cukup. Naik satu step atau pakai 130 cuma profilnya ditinggiin itu oke. Jadi nyarinya yang per 80, karena sebenarnya dia enggak bisa gede-gede banget," ujar Atenx ketika dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Perbesar Ukuran Ban Depan Honda CB150X Tak Bisa Pakai Spatbor Standar

Atenx menyebutkan ban belakang bisa dibesarkan menggunakan ukuran 140/70 atau 140/80, tergantung dengan selera. Sementara jika ingin lebih besar dari itu, harus menyesuaikan beberapa hal, salah satunya memperpanjang swing arm. Atenx tidak merekomendasikan ban di atas angka tersebut tanpa memperpanjang swing arm.

Modifikasi Honda CB150X Katros Garage

Sementara untuk roda depan, menurut Atenx dapat menggunakan pelek 2,5 inci dengan ban standar 100/80. Jika tanpa mengubah spatbor, Atenx merekomendasikan ban ukuran 110/80. Menurutnya lebih dari ukuran tersebut, maka ban akan mepet dengan bagian atas spatbor.

   Baca Juga: Kontes Modifikasi Jakarta Motofest Vol. 1 Sukses Digelar

"Sebenarnya sisi kanan kirinya sih aman masih lebar banget, bisa pakai ban 120 malah, tapi atasnya yang enggak aman. Kalau enggak pakai spatbor standar di ring 17 inci bisa pakai 110/80. Kalau naik di ring 18 inci bisa 110/80 masih oke. Kalau di ring 19 bisa masuk di 110/80 juga," pungkas Atenx.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id