Modifikasi Karteling Mangkok Kampas Ganda, Bisa Buat Motor Harian?

Modifikasi Karteling Mangkok Kampas Ganda, Bisa Buat Motor Harian?

 

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para pemilik motor matic ialah gredek saat tarikan awal. Berbagai modifikasi pada bagian CVT dilakukan para mekanik, seperti karteling mangkok kampas ganda.

Karteling merupakan metode untuk membuat permukaan pada rumah atau mangkok kampas ganda menjadi lebih kasar dengan bantuan mesin bubut. Tujuan dari karteling mangkok kampas ganda adalah untuk meminimalisir slip, sehingga menghilangkan gredek.

   Baca Juga: Jadwal MotoGP Aragon, Spanyol 2022: Marquez Kembali Balapan!

Namun, banyak yang bilang modifikasi ini tidak cocok buat harian karena sering membuat kampas ganda cepat habis, lantaran tergerus oleh permukaan yang kasar. Tapi, ternyata ada triknya supaya bisa dipakai harian dan tetap menggunakan kampas ganda original.

Apa Sih Karteling Mangkok Kampas Ganda

“Sebenarnya aman saja mangkok kartel dipakai harian, asalkan pada saat mengkartel mangkuk kampas ganda buat motor matic harian, perhatikan kedalaman kartel dan polanya," ucap Ivan, Pemilik YR Custom, bengkel spesialis CVT motor matic.

   Baca Juga: Tips Merawat Suspensi Upside Down pada Motor, Lakukan 2 Hal Ini!

Ivan menghimbau, sebaiknya untuk motor harian kedalaman pola kartel jangan dibuat terlalu dalam. “Khusus buat motor matic harian, jangan terlalu kasar dan kedalaman kartelnya, cukup 0,3 mm saja jika menggunakan kampas original bawaan motor,” jelas Ivan saat ditemui OtoRider di Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

Kemudian, selain dari kedalaman karteling, polanya juga harus diperhatikan sebelum melakukan karteling pada mangkok kampas ganda buat motor matic harian. “Pola kartel kan beragam alurnya. Kalau untuk motor harian sebaiknya model garis-garis, supaya tidak terlalu memakan kampas ganda. Arah garis-garisnya sesuai dengan putaran rumah kampas ganda atau berlawanan jarum jam," terangnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id