Tips Merawat Suspensi Upside Down pada Motor, Lakukan 2 Hal Ini!

Tips Merawat Suspensi Upside Down pada Motor, Lakukan 2 Hal Ini!
Rabu, 14 September 2022 11:30
Thio Pahlevi

Suspensi tipe upside down atau inverted telescopic saat ini cukup banyak digunakan pada motor keluaran terbaru, khususnya model sport. Serupa dengan area mesin, suspensi juga memerlukan perawatan secara berkala. Hal tersebut agar suspensi dapat menjaga kestabilan serta handling motor secara maksimal.

Lantas, bagaimana cara merawat suspensi upside down agar tetap awet dan bekerja optimal? Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) pun membagikan beberapa tipsnya.

   Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor

"Suspensi jenis inverted telescopic ini sebenarnya mirip dengan jenis teleskopik biasa, hanya saja posisi tabungnya berada di atas, sementara as shock breaker atau front fork pipe-nya berada di bawah. Pada bagian as shock breaker ini rentan terkena kotoran maupun benturan dari kerikil-kerikil yang terlempar saat berkendara," ujar Ade.

Honda CBR250RR SP Quisck Shifter

Adapun cara pertama untuk merawatnya adalah bersihkan suspensi secara berkala, dari debu dan kotoran yang menempel. Cara membersikannya pun cukup menggunakan air bersih dan sabun atau shampo motor. Usai dibersihkan, jangan lupa langsung dikeringkan agar tidak menimbulkan karat.

   Baca Juga: Biar Masyarakat Taat Pajak, Biaya Balik Nama Motor Bekas Bakal Dihapus

Kedua, gunakan cover pelindung atau spakbor yang menutupi area as shock breaker. Hal ini dinilai mampu mengurangi potensi kerusakan as shock breaker dari adanya benturan kerikil yang terlempar oleh ban ketika berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.