Tips Merawat Suspensi Upside Down pada Motor, Lakukan 2 Hal Ini!

Tips Merawat Suspensi Upside Down pada Motor, Lakukan 2 Hal Ini!

 

Suspensi tipe upside down atau inverted telescopic saat ini cukup banyak digunakan pada motor keluaran terbaru, khususnya model sport. Serupa dengan area mesin, suspensi juga memerlukan perawatan secara berkala. Hal tersebut agar suspensi dapat menjaga kestabilan serta handling motor secara maksimal.

Lantas, bagaimana cara merawat suspensi upside down agar tetap awet dan bekerja optimal? Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) pun membagikan beberapa tipsnya.

   Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor

"Suspensi jenis inverted telescopic ini sebenarnya mirip dengan jenis teleskopik biasa, hanya saja posisi tabungnya berada di atas, sementara as shock breaker atau front fork pipe-nya berada di bawah. Pada bagian as shock breaker ini rentan terkena kotoran maupun benturan dari kerikil-kerikil yang terlempar saat berkendara," ujar Ade.

Honda CBR250RR SP Quisck Shifter

Adapun cara pertama untuk merawatnya adalah bersihkan suspensi secara berkala, dari debu dan kotoran yang menempel. Cara membersikannya pun cukup menggunakan air bersih dan sabun atau shampo motor. Usai dibersihkan, jangan lupa langsung dikeringkan agar tidak menimbulkan karat.

   Baca Juga: Biar Masyarakat Taat Pajak, Biaya Balik Nama Motor Bekas Bakal Dihapus

Kedua, gunakan cover pelindung atau spakbor yang menutupi area as shock breaker. Hal ini dinilai mampu mengurangi potensi kerusakan as shock breaker dari adanya benturan kerikil yang terlempar oleh ban ketika berkendara.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id