Tips Aman Berkendara Motor Saat Terpaksa Melewati Banjir

Tips Aman Berkendara Motor Saat Terpaksa Melewati Banjir
Selasa, 18 Oktober 2022 10:05
Ruslan Abdul Gani

Musim hujan telah memasuki sejumlah wilayah di Indonesia, baik di Jakarta maupun daerah lainnya. Intensitas hujan yang cukup deras belakangan ini menyebabkan genangan air yang tinggi atau banjir di mana-mana.

Namun, aktivitas beberapa pengendara tetap berjalan, bahkan dengan terpaksa harus rela menerobos banjir. Tapi hati-hati, karena tidak semua banjir dapat dilewati dengan aman. Lantas, bagaimana tipsnya agar mesin motor tetap aman saat melewati banjir?

   Baca Juga: Tips Cara Bawa Motor Agar Irit Bahan Bakar, Sudah Tahu?

Fajri selaku Mekanik dari Bellissimo Indonesia menjelaskan hal pertama yang harus diperhatikan yaitu ketinggian banjir. "Bila ketinggian airnya di atas knalpot motor, sebaiknya jangan dilewati," ucap Fajri saat disambangi OtoRider di Serpong, Tangerang Selatan.

Servis Gratis Posko Banjir Yamaha

Namun, jika ketinggian air di bawah knalpot, maka masih aman dilewati. Akan tetapi, ada tipsnya supaya tidak mogok atau merusak mesin. "Tipsnya pada saat mulai melewati genangan banjir, rpm atau gas tidak boleh rendah, harus terus idle agak tinggi agar air tidak terhisap masuk dari knalpot," ujar Fajri.

Soalnya, jika gas motor dibuat agak tinggi, knalpot akan mengeluarkan udara lebih banyak dan kencang. Sehingga, bisa mendorong genangan air. "Dorongan dari kompresi mesin yang keluar lewat knalpot bisa mendorong air hujan. Jadi bisa mencegah water hammer," jelasnya.

   Baca Juga: Tips Berkendara Aman Saat Cuaca Hujan, Lakukan 3 Hal Ini!

Selain itu, pastikan juga jalan yang dilewati tidak ada lubang dalam ataupun selokan kecil. "Bisa membahayakan pengendara bila sampai terkena lubang, parahnya bisa terjatuh," kata Fajri.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.