Oli Mesin Motor Punya Kode JASO MA dan MB, Apa Artinya?

Oli Mesin Motor Punya Kode JASO MA dan MB, Apa Artinya?
Jumat, 27 Mei 2022 11:35
Thio Pahlevi

Oli mesin menjadi salah satu komponen fast moving pada motor yang perlu diganti secara berkala. Beragam merek dan tipe oli mesin pun tersedia untuk motor matic maupun manual. Nah, sebelum membeli oli mesin motor, terdapat beberapa kode yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah JASO (Japan Automotive Standard Organization).

Umumnya, terdapat dua kode JASO pada produk oli mesin motor, yakni MA dan MB. Lantas, apa yang membedakan kedua kode tersebut? Reza Ben Ungerer selaku Division Head B2C PT Pana Oil Indonesia pun memberikan penjelasan lengkapnya.

   Baca Juga: GALERI: Tiger Sport 660 2022, Motor Kelas Menengah Baru Triumph

Reza mengatakan kode JASO MA menegaskan bahwa oli tersebut secara khusus dibuat dengan formula untuk motor bertransmisi manual atau dengan kopling basah. Sedangkan, kode JASO MB adalah indikasi awal bahwa oli tersebut khusus untuk motor matic maupun skutik.

Ganti oli mesin

"Jika keduanya dipakai untuk jenis transmisi motor yang berbeda akan menyebabkan performa motor tidak maksimal. Hendaknya benar-benar memahami dengan baik semua kode pada kemasan oli supaya performa kendaraan bisa maksimal," ujar Reza dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: MXGP Of Indonesia 2022 Akan Berlangsung di Sumbawa pada Juni

Standarisasi JASO merinci lebih spesifik atas kebutuhan formula motor. Diluncurkannya JASO T903 pada 1998 secara resmi telah menjadikan JASO standar global untuk oli kendaraan bermesin 4-Tak.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.