Rutin Bersihkan Throttle Body, Bisa Bikin Motor Injeksi Irit Bensin

Rutin Bersihkan Throttle Body, Bisa Bikin Motor Injeksi Irit Bensin

 

Sejak harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik beberapa waktu lalu, pastinya membuat biaya pengeluaran para pengguna motor meningkat. Apalagi jika motornya termasuk boros bahan bakar. Supaya konsumsi bahan bakar tetap irit, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

Adi Danu selaku Kepala Bengkel Pro Matic menjelaskan salah satu caranya dengan rutin membersihkan throttle body pada motor bermesin injeksi. “Karena kondisi throttle body yang kotor sangat mempengaruhi keluar masuknya bahan bakar,” ucap Adi Danu saat disambangi OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi BMW CE 04: Top Speed 120 Km/Jam, Jarak 130 Km

Rutin Bersihkan Throttle Body Bisa Bikin Motor Injeksi Irit Bensin

Ia menjelaskan seiringnya pemakaian, throttle body di motor akan mengalami penumpukan kotoran dan tentunya wajib dibersihkan. “Jika kondisinya kotor tentu akan menghambat aliran udara yang masuk ke ruang bakar. Sehingga, campuran udara dan bahan bakar tidak stabil, tarikan motor jadi berat,” ujar Danu.

   Baca Juga: Amankah Pakai Ban Soft Compound Buat Harian?

Tarikan mesin yang berat tentu bisa bikin bensin jadi lebih boros dari biasanya. “Motor yang tarikannya berat pasti pengendara bakal memutar gas lebih dalam biar motornya melaju, makanya konsumsi bensin pasti akan lebih banyak yang terbuang,” jelasnya.

Rutin Bersihkan Throttle Body Bisa Bikin Motor Injeksi Irit Bensin

Danu mengatakan banyak yang hanya membersihkan throttle body dengan cara disemprot melalui selang di filter udara. Namun, menurutnya teknik ini tidak maksimal. “Yang bagus itu dibongkar throttle body-nya. Karena kalau hanya disemprot, pasti kotoran malah masuk ke ruang bakar,” terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id