Sensitivitas Harus Tinggi, Begini Tips Berkendara Aman saat Hujan

Sensitivitas Harus Tinggi, Begini Tips Berkendara Aman saat Hujan
Jumat, 22 Juli 2022 16:00
Afrizal Abdul Rahman

Setiap pengendara harus mempersiapkan banyak hal saat mengendarai roda dua. Salah satunya mengantisipasi cuaca yang tak menentu, terkadang panas dan diselingi dengan hujan. 

Tentunya banyak risiko yang dapat terjadi ketika berkendara saat hujan, seperti jalan basah dan licin. Sehingga, pengendara harus tetap waspada agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

   Baca Juga: Telat Melakukan Perpanjangan SIM, Apa Sanksinya?

Tamy Pratama selaku Safety Riding Honda PT Daya Adicipta Motora (DAM) membeberkan tips aman berkendara saat kondisi hujan, salah satunya memprediksi bahaya. 

"Pada intinya memahami prediksi bahaya, seperti sensitivitas harus tinggi dan jangan sampai rendah," katanya saat ditemui OtoRider di Bekasi, Jawa Barat. 

Berkendara Musim Hujan

Artinya setiap pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan saat kondisi hujan. Tamy menambahkan, ketika pengendara memiliki sensitivitas rendah dan menemukan bahaya akan melakukan pengereman mendadak. 

"Untuk itu gunakan imajinasi saat berkendara pada kondisi hujan. Seperti contoh ada yang menyebrang jalan tiba-tiba lari. Kalau sudah kuat dengan prediksi bisa menghindari," tambahnya. 

   Baca Juga: Daftar Merek Motor yang Bakal Hadir di Ajang GIIAS 2022

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan untuk tak hanya waspada pada jalan bagian depan, pada bagian belakang juga harus meningkatkan kewaspadaan. 

"Karena saling terkait dan ada beberapa faktor penting agar aman. Pertama faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan. Kalau kendaraan kurang perawatan itu juga berbahaya," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.