Sering Mengelap Bodi Motor Sehabis Terkena Air Hujan, Begini Efeknya

Sering Mengelap Bodi Motor Sehabis Terkena Air Hujan, Begini Efeknya
Rabu, 23 Maret 2022 06:00
Ruslan Abdul Gani

Perkiraan waktu kapan terjadinya hujan seringkali sulit untuk dipastikan, meski saat musim hujan sekalipun. Terkadang hujan turun ketika kondisi motor belum lama dicuci. Hal tersebut umumnya membuat pemilik malas untuk mencuci bodi motor kembali dan hanya mengelapnya saja menggunakan lap chamois tanpa dibilas air terlebih dahulu. Lantas, apa efek negatifnya?

Dijelaskan Sendy dari Zero Wash Motocare, tidak disarankan langsung mengelap air hujan yang menempel di bodi motor. Sebaiknya dibilas terlebih dulu pakai air bersih. Jika motor yang habis terkena air hujan tak dibilas serta sering dilakukan, maka dikhawatirkan bisa merusak cat.

   Baca Juga: Yamaha Fazzio Hybrid-Connected Lakukan Touring Perdana di Jogja

“Efeknya nanti akan timbul bercak, lama-kelamaan bisa jadi jamur, apalagi di cat tipe doff pasti akan lebih cepat berjamur. Parahnya lagi cat juga bisa menjadi kusam,” ucap Sendy saat ditemui Otorider.

Zero Wash Motocare

 

Kusamnya cat disebabkan oleh kadar asam yang terdapat di air hujan cukup tinggi. “Kemudian, debu atau kerikil yang menempel di bodi motor akibat cipratan air hujan juga bisa bikin baret jika langsung dilap tanpa dibilas,” ujarnya.

   Baca Juga: Bagnaia: Di Trek Basah Ducati Selalu Luar Biasa, Tapi Kali Ini Sulit

Lebih lanjut, Sendy menyarankan lebih baik memang harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Akan tetapi, jika memang tidak sempat paling minim disiram atau dibilas pakai air bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.