Simak! Ini Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Mulai Rusak

Simak! Ini Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Mulai Rusak
Selasa, 20 Desember 2022 13:00
Ruslan Abdul Gani

Motor terbaru saat ini hampir semuanya sudah dibekali dengan sistem bahan bakar injeksi. Pada motor injeksi terdapat komponen yang namanya fuel pump. Fuel pump pada motor memiliki peran yang cukup vital, yaitu mengalirkan bahan bakar ke mesin melalui injektor.

Selain itu, fuel pump juga memiliki peran untuk menjaga tekanan bensin agar tetap tinggi. Makanya, kinerja fuel pump cukup penting. Sehingga, komponen ini harus selalu terjaga kondisinya. Lantas, bagaimana ciri-ciri fuel pump sudah mulai rusak?

   Baca Juga: Sering Habis Bensin di Motor Injeksi Bikin Fuel Pump Rusak, Benarkah?

Ciri Fuel Pump di Motor Injeksi Sudah Mulai Rusak

Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok menjelaskan ada beberapa ciri fuel pump sudah dalam kondisi tidak normal. "Ada beberapa cirinya. Pertama bisa dari suara dengungannya yang sudah kurang nyaring atau keras lagi, padahal aki dalam kondisi baik," ujar Budiman saat ditemui OtoRider di Depok, Jawa Barat.

Pada motor injeksi, saat kunci kontak diputar ke posisi ON umumnya mengeluarkan suara dengungan. "Suara dengungan itu berasal dari fuel pump. Fuel pump yang normal itu suaranya keras," lanjut Budiman.

Ciri Fuel Pump di Motor Injeksi Sudah Mulai Rusak

   Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Pendek pada Motor?

Selain itu, ciri lainnya motor terasa kurang bertenaga saat gas diputar. "Ada jeda saat gas diputar seperti ngempos atau tenaganya kosong dulu, itu karena asupan bensin yang kurang lancar dan tekanannya kurang saat masuk di ruang bakar," jelasnya.

Kemudian, jika kondisi fuel pump-nya sudah cukup parah maka cirinya berbeda. "Kalau yang sudah parah, rpm mesin motor tidak mau langsam atau idle. Saat gas ditambah juga bukanya jalan, mesin malah mati," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.