Tak Hanya Kilometer, Ini Patokan Waktu Ganti Busi Motor

Tak Hanya Kilometer, Ini Patokan Waktu Ganti Busi Motor
Minggu, 25 Desember 2022 09:00
Afrizal Abdul Rahman

Busi menjadi komponen penting yang wajib diperhatikan secara berkala karena pemakaiannya tak bisa bertahan dengan rentang waktu yang sangat lama. Selain itu, tanpa adanya busi, motor tentu tak bisa menyala.

Biasanya untuk menjadi patokan harus mengganti busi yaitu catatan kilometer. Namun, hal ini tergantung dari jenis busi apa yang digunakan.

   Baca Juga: Honda Jabar Beri Dukungan dan Servis Gratis Buat Korban Gempa Cianjur

"Paling mudah itu mengikuti anjuran dari pabrikan. Misalnya melihat kilometer kendaraan kalau sudah 6 ribu lebih bisa menggantinya, dan itu untuk bahan nikel. Kalau bahan logam mulia biasanya lebih lama," kata Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia dalam acara Media Gathering di Tangerang pada Sabtu (24/12).

Busi kendaraan

Selain kilometer, Diko mengatakan ada beberapa hal yang bisa menjadi patokan. "Misalnya setiap 2 kali ganti oli baru ganti busi, itu juga bisa menjadi patokan," tambahnya.

   Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini Waktu Terbaik Ganti Busi Motor

Lebih lanjut, ada cara yang memang lebih rumit yakni mengecek langsung kondisi busi motor. Ia mengatakan busi yang perlu diganti bisa dilihat dari keausan atau elektrodanya sudah habis.

"Memang lebih rumit. Jadi harus bongkar-bongkar dahulu, tapi itu tipikal bagi yang menunda mengganti melihat keuangan yang ada, nah bisa pakai cara tersebut," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.