Terjatuh di Jalur Off-Road, Simak Tips Mudah dan Aman Mendirikan Motor

Terjatuh di Jalur Off-Road, Simak Tips Mudah dan Aman Mendirikan Motor

 

Terabasan di jalur off-road menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh pecinta roda dua. Namun, kegiatan off-road umumnya lebih menguras tenaga dibanding berkendara di jalan raya. Selain itu, kondisi lintasan yang tidak rata juga meningkatkan potensi motor terjatuh.

   Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Motor Matic, Cek Bagian-Bagian Ini!

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila motor terjatuh di jalur off-road. Firli sebagai salah satu anggota komunitas Yamaha WR 155R di Yogyakarta pun membagikan beberapa tips, khususnya saat mendirikan motor yang terjatuh.

Komunitas WR Owners Indonesia (WOI) Yamaha WR 155R

Pertama, pastikan Anda memakai safety gear yang lengkap seperti helm, sarung tangan, sepatu off-road, pelindung (leher, dada, tangan, kaki), celana panjang, dan jersey lengan panjang. Apabila motor terjatuh, dihimbau untuk tak langsung mendirikan motor. Tunggu sampai kondisi pengendara stabil dan tidak syok.

Kemudian, pastikan mesin motor dalam keadaan mati sebelum didirikan. Usahakan juga meminta bantuan pada teman atau pengendara lain untuk mengangkat motor. Posisikan pengendara atau teman di sisi motor yang berbeda untuk mengangkatnya.

Yamaha WR 155R Kejuaraan Nasional Indonesia Enduro Rally Championship (IERC) 2022

Angkat dengan posisi tubuh membelakangi motor dan dorong menggunakan otot kaki serta dibantu kedua tangan. Sementara itu, teman pengendara berada di sisi seberang motor untuk membantu menyeimbangkan posisi motor. 

Firli menghimbau untuk menghindari mengangkat motor dalam kondisi punggung membungkuk untuk meminimalisir cedera. Terakhir, setelah motor berdiri, pastikan motor dalam kondisi baik sebelum melanjutkan berkendara.

Yamaha Riding Experience WR 155R

   Baca Juga: Juni 2022, Yamaha Luncurkan Warna Baru Motor Bebek Jupiter Z1

Firli menyarankan untuk selalu menjaga stamina tubuh dan kondisi motor yang prima. Lebih lanjut, berkendara dengan teman juga lebih baik. Selain karena lebih menyenangkan, berkendara dengan teman dapat membantu apabila terjadi masalah di jalur off-road.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id