Ternyata Tutup Radiator Bisa Mengalami Kerusakan, Efeknya Mesin Bisa Overheat

Ternyata Tutup Radiator Bisa Mengalami Kerusakan, Efeknya Mesin Bisa Overheat
Jumat, 18 Maret 2022 14:35
Ruslan Abdul Gani

Mesin motor berpendingin cairan kinerjanya dibantu oleh komponen radiator untuk menjaga suhu mesin. Pada komponen tersebut terdapat tutup radiator yang fungsinya menjaga tekanan di dalam sistem radiator agar tetap stabil dan mengalirkan air menguap ke tabung reservoir.

Komponen tutup radiator ini memang memiliki masa pakai yang panjang, sehingga tidak ada patokan untuk menggantinya. Namun, seiring pemakaian ternyata tutup radiator juga bisa mengalami kerusakan.

   Baca Juga: CVT Motor Matic Mengalami Slip, Ternyata Ini Penyebabnya

“Sama seperti komponen lain, tutup radiator juga bisa rusak. Di tutup radiator ada komponen pressure valve dan pressure spring, kerusakan timbul dari  komponen itu," kata Ujang, Pemilik Bengkel Ardi Motor di kawasan Kalisari, Jakarta Timur.

Bolehkah Radiator Motor Diisi Pakai Air Biasa

Ujang menambahkan, jika komponen tersebut rusak akan membuat coolant atau air radiator terus mengalir ke tabung reservoir saat suhunya sudah terlalu panas.

   Baca Juga: 8 Aksesoris Resmi New Honda Genio, Harga Mulai Rp 40 Ribuan

 “Kalau air radiator terus mengalir tabung reservoir akan penuh dan keluar lewat selang pembuangan. Lama-kelamaan pasti air di radiator habis dan proses pendinginan mesin enggak maksimal. Jika sudah seperti ini mesin bisa overheat," ucap Ujang.

Selain komponen pressure valve dan pressure spring, di tutup radiator juga terdapat seal yang bisa rusak. “Untuk melihat kondisi seal rusak bisa dilihat ciri fisiknya. Biasanya retak-retak halus atau sudah getas. Selain itu tandanya bisa juga dilihat dari sekitar tutupnya ada rembesan air radiator atau tidak,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.