Terungkap! Penyakit yang Sering Terjadi pada Rem Belakang Vespa Matic

Terungkap! Penyakit yang Sering Terjadi pada Rem Belakang Vespa Matic

 

Rem merupakan peranti penting untuk menghentikan atau memperlambat laju kendaraan. Oleh sebab itu, agar tetap bekerja optimal, pemilik kendaraan harus selalu memerhatikan kondisinya. Apabila jarang dicek secara berkala, beragam masalah pun bisa timbul

Seperti di Vespa matic, rem belakangnya sering terasa keras dan kurang pakem. Umumnya bagian rem belakang Vespa matic masih mengandalkan tromol. Lantas, apa penyebabnya?

   Baca Juga: Usai Absen 2 Tahun, Ajang Yamaha Sunday Race Kembali Digelar

Dijelaskan Abdul Rosyid, Kepala Mekanik Scooter VIP, penyebab paling umum diakibatkan dari kondisi kabel rem yang sudah berkarat. “Biasanya kabel yang karat berada di bagian bawah, dekat dengan tuas rem,” ucap Abdul saat ditemui OtoRider di Kawasan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Rem Belakang Vespa Matic Terasa Keras

Lebih lanjut, Abdul menuturkan karat yang menempel di kabel rem sudah pasti menyebabkan kinerja kabel terganggu atau macet. Rem belakang macet ini umum terjadi di beberapa tipe Vespa Matic. “Penyakit rem ini memang sering menimpa semua tipe Vespa Matic yang masih tromol, apalagi motornya jarang dipakai,” ujar Abdul.

   Baca Juga: Penasaran Mau Test Ride Motor Baru? Catat Lokasi dan Tanggalnya!

Menurutnya, motor yang jarang dipakai lebih rentan mengalami rem belakang macet. “Kalau motor jarang dipakai lebih rawan, karena kabel yang habis terkena genangan air terus motor ditaruh lama sehingga bikin karat. Berbeda dengan yang sering dipakai, pasti air yang ada di dalam kabel akan kering terkena panas suhu mesin,” terang Abdul.

Kemudian, selain karat kondisi kabel yang sudah berumur lama juga bisa jadi penyebabnya. “Biasanya serabut kabel ada yang putus di dalam selang, sehingga mengganggu pergerakannya. Jika dibiarkan kabel rem bisa putus, rem otomatis jadi blong,” jelasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id