Tips Bagi Pemula Main Motor Trail di Jalur Off-Road

Tips Bagi Pemula Main Motor Trail di Jalur Off-Road

 

Bermain motor trail di jalur off-road memang membutuhkan keahlian khusus. Mengingat jalur off-road memiliki rintangan dan kontur jalan yang tidak merata. Sehingga kemampuan dapat membawa motor biasa saja dirasa kurang cukup.

Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy (YRA) mengatakan untuk yang masih pemula harus mempelajari secara basic terlebih dahulu. Menurut Arief pemula dapat memanfaatkan lahan tanah yang kosong. Dari situ, beberapa latihan basic dapat dicoba sebelum memasuki jalur off-road sebenarnya.

WR 155R Off-Road

"Yang masih pemula banget, bagusnya itu belajar basic dulu. Belajarnya di lapangan tanah kosong, kalau di YRA itu sebenarnya ada Yamaha Riding Academy Off-Road. Jadi latihan dasarnya disitu, seperti posisi berkendara, cara pengereman, cara uphill, down hill, cara menyeimbangkan motor," ujar Arief saat ditemui awak media beberapa waktu lalu di Sentul, Jawa Barat.

   Baca Juga: Jangan Pakai Rem Depan Ketika Berkendara Motor di Jalur Off-Road!

Selanjutnya Arief mengatakan saat memasuki jalur off-road harus menggunakan riding gear yang lengkap. Mulai dari helm, goggle, protektor dada, protektor leher, hingga sepatu. Menurutnya riding gear tersebut dapat melindungi pengendara ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Yamaha Riding Experience WR 155R

"Helm, gogglenya harus dipasang karena banyak yang ditaro di dagu atau samping. Sebisa mungkin protektor dada dipakai karena batu atau apapun di jalur off-road itu bisa bersentuhan dengan badan. Protektor leher juga penting karena menghindari patah. Sepatu juga kalau bisa yang buat off-road, karena melindungi kaki secara penuh," lanjut Arief.

   Baca Juga: Bahaya, Bermain Motor Off-Road Disarankan Tidak Sendirian

Arief juga menyarankan untuk turun ke jalur off-road bersama teman yang sudah berpengalaman. Sehingga pengendara pemula dapat mengikuti jalur yang diambil oleh pengendara berpengalaman. Lewat jalur-jalur tersebut, pengendara pemula juga dapat belajar cara memilih jalur yang benar.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id