Tips Berkendara Motor Dengan Aman Saat Hujan

Tips Berkendara Motor Dengan Aman Saat Hujan
Selasa, 19 Juli 2022 19:15
Ruslan Abdul Gani

Saat musim penghujan banyak yang harus diperhatikan oleh pengendara motor, mengingat motor tidak seperti mobil. Tentunya ada barang yang perlu disiapkan seperti membawa jas hujan agar tidak basah kuyup saat berkendara.

Selain itu, berkendara dalam kondisi hujan juga tidak boleh sembarangan, karena jalan yang dilewati pasti licin dan dipenuhi genangan air. Lantas, bagaimana cara berkendara yang aman saat hujan?

1. Gunakan Jas Hujan Model Single

Menggunakan jas hujan model single dapat menjadi solusi dalam berkendara ketika hujan. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan pengendara kesulitan mengendarai motor. Walaupun, belum ada data statistik yang bisa membuktikan penggunaan jas hujan single memang terbukti tidak memengaruhi gaya dalam mengendarai motor.

   Baca Juga: Perbedaan Aprilia SR GT 200 dan SR GT Sport 200

2. Jangan Asal Rem Mendadak Saat Hujan Turun

Kondisi jalan ketika hujan tentunya akan lebih licin. Dengan demikian, teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan. Pertama, jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban. Kedua, para rider bisa memanfaatkan engine brake untuk membantu pengereman. Ketiga, jaga jarak kendaraan. Hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak.

Berkendara Musim Hujan

3. Pastikan Menyalakan Lampu Kendaraan

Peraturan sekarang memang mewajibkan bagi pengendara motor menyalakan lampu pada siang hari. Nah, begitu juga pada saat hujan turun, apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun, keadaan langit cenderung mendung. Jadi, penggunaan lampu merupakan solusi agar Anda bisa terlihat jelas oleh pengendara lain.

   Baca Juga: Catat! Berikut Waktu Ideal Penggantian V-Belt Motor Matic

4. Lebih Baik Berhenti Jika Keadaan Memburuk

Jika dirasa hujan terlalu lebat ada baiknya jika Anda berhenti di pinggir jalan untuk berteduh. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat, Anda juga bisa sambil mengistirahatkan badan. Karena hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Jarak pandang pun menjadi terbatas. Sehingga, membuat pengendara harus lebih berhati-hati. Tunggu sampai hujan sedikit reda, baru lanjutkan perjalanan.

5. Tingkatkan Kewaspadaan Saat Berkendara

Ketika hujan turun ada kemungkinan jalan akan tergenang air di titik-titik tertentu. Sehingga, pengendara tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak. Dengan keadaan ini tentunya pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara guna meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Sumber: AstraMotor

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.