Tips Bersihkan Rem Tromol Motor, Cukup Gunakan Benda Ini

Tips Bersihkan Rem Tromol Motor, Cukup Gunakan Benda Ini
Kamis, 26 Mei 2022 14:50
Thio Pahlevi

Sistem pengereman motor yang bekerja optimal tentunya membuat pengendara menjadi lebih aman dan nyaman. Saat ini, produk motor umumnya memiliki dua tipe rem, yakni cakram dan tromol. Lantas, bagaimana cara merawat rem, khususnya tromol agar tetap memiliki kinerja yang maksimal?

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa tips merawat rem tromol motor. Salah satu caranya adalah dengan membersikan rem tromol.

   Baca Juga: Aspira Tawarkan Aki yang Cocok untuk Motor dengan Fitur Start & Stop System

Untuk membersikan rem tromol pada motor disarankan meminta bantuan kepada mekanik. Hal tersebut dikarenakan Anda harus membuka as roda dan beberapa baut yang saling terhubung pada bagian tutup tromolnya.

Yamaha Gear 125

Jika roda sudah terbuka, maka akan terlihat kampas rem serta tromol dengan debu yang pekat, lengket, dan menempel, terlebih bila jarang dibersihkan. Setelah itu, Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan kuas dan air sabun agar debu yang menempel hilang.

   Baca Juga: Digelar 11-21 Agustus, 8 Merek Motor Ini Bakal Ramaikan GIIAS 2022

Bila perlu, bersihkan juga kampas rem dengan menggunakan sikat kawat atau amplas kasar. Hal ini ditujukan supaya permukaannya menjadi kasar yang bisa memicu jepitan kampas rem ke tromol menjadi lebih pakem.

"Mengingat pentingnya keberadaan rem pada sepeda motor misalnya terkait rem tromol yang digunakan, konsumen perlu memperhatikan perawatannya. Kondisi rem tromol yang bagus dan terawat tentunya sangat membantu pengguna motor dalam keselamatan berkendara dan ikut melancarkan aktivitas," kata Muslian.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.