Tips Bersihkan Terminal Aki Motor, Cukup Pakai 2 Cara Ini

Tips Bersihkan Terminal Aki Motor, Cukup Pakai 2 Cara Ini

 

Aki atau baterai merupakan salah satu komponen motor yang perlu diperiksa dan dirawat secara berkala. Perawatan ini pun bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Salah satu cara yang bisa dikerjakan adalah dengan memeriksa serta membersihkan terminal aki motor.

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora memberikan tips membersihkan terminal aki motor. Alat dan bahan yang digunakan juga cukup sederhana, yakni hanya membutuhkan air panas dan sikat tembaga atau sikat kawat.

   Baca Juga: Komparasi Motor Hybrid: Yamaha Fazzio vs Honda PCX e:HEV

"Periksa kondisi terminal baterai tersebut dari adanya kotoran, jamur ataupun benda asing lainnya yang dapat menghalangi aliran arus listrik, baik dari baterai ke sistem kelistrikan maupun sebaliknya. Jika terdapat kotoran atau jamur, bersihkan menggunakan air panas dan sedikit digosok menggunakan sikat tembaga atau sikat kawat," ujar Ade dalam keterangan tertulis.

Aki motor

Selain dibersihkan, tegangan aki motor juga perlu rutin dicek. Hal ini bertujuan guna melihat kualitas serta kondisi tegangan aki tersebut. Ade menghimbau pemeriksaan dilakukan saat baterai dalam kondisi dingin (sekitar 20° Celsius).

   Baca Juga: 3 Target Tim Satelit Yamaha Di MotoGP 2022, Gelar Juara Salah Satunya?

"Baterai dinyatakan dalam kondisi normal atau full charge jika tegangannya di atas 12,4 volt. Tetapi sebaliknya, jika tegangan berada di bawah 12,4 volt, maka perlu dilakukan pengecasan terhadap baterai tersebut," kata Ade.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id