Tips Lewati Jalan Rusak Agar Suspensi Motor Tetap Awet

Tips Lewati Jalan Rusak Agar Suspensi Motor Tetap Awet

 

Motor menjadi salah satu kendaraan yang cukup digemari masyarakat Indonesia untuk beraktivitas harian. Agar tetap bekerja maksimal, sejumlah komponen motor juga perlu mendapatkan perawatan secara berkala. Salah satu komponen tersebut ialah suspensi atau shockbreaker.

Agar suspensi memiliki usia pakai yang panjang serta terhindar dari risiko kerusakan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan tipsnya.

   Baca Juga: Banderol Harga Terbaru Skutik 250 cc: Honda Forza dan Yamaha XMAX

Beragam kondisi jalan tentunya dapat ditemui saat berkendara harian. Tak melulu jalanan dengan aspal mulus, sejumlah jalan rusak dan berlubang pun kerap ditemui oleh pengendara motor. Lalu, bagaimana tips melewati jalanan rusak agar suspensi motor tetap awet?

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Muslian mengatakan jalanan yang tidak rata atau berbatu bisa memberikan beban tambahan bagi suspensi. Terlalu sering melewati jalan seperti ini tentu saja akan mengurangi usia suspensi. Jadi, ketika terpaksa melewati jalan yang tidak rata, Anda harus berkendara dengan ekstra hati-hati dan tidak ngebut agar dapat membantu meringankan kerja suspensi.

   Baca Juga: Punya Mesin Baru, Simak Detail Spek Royal Enfield All-New Classic 350

Memacu motor dengan kecepatan tinggi di jalanan berbatu disebut Muslian sangat berisiko. Hal ini bisa membuat suspensi bocor karena guncangan tanpa jeda. Ia mengingatkan, jangan lupa agar berhati-hati dan menghidari batu atau obyek yang terlalu besar untuk dilewati.

"Suspensi memiliki peran penting agar sepeda motor tidak menerima terlalu banyak beban akibat guncangan yang terjadi. Mengingat pentingnya peran suspensi pada sepeda motor, maka kami memberikan beberapa tips dalam perawatan suspensi agar awet dan mendukung aktivitas berkendara dengan lancar," kata Muslian.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id