Tips Merawat Motor Matic Saat Musim Hujan, Ternyata Cukup Mudah

Tips Merawat Motor Matic Saat Musim Hujan, Ternyata Cukup Mudah
Jumat, 11 Maret 2022 15:00
Ruslan Abdul Gani

Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Meski demikian, hujan tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk tetap beraktivitas, khususnya bagi pengguna motor. Namun, agar tetap aman saat berkendara, motor juga harus diperhatikan kondisinya.

Motor tipe matic sendiri menjadi salah satu jenis kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk transportasi sehari-hari. Lantas, bagaimana cara merawatnya saat musim hujan?

   Baca Juga: Cegah Oli Palsu, Federal Oil Beri Kemasan Khusus, Ini Cirinya

“Salah satu yang harus diperhatikan saat musim hujan ialah harus rajin mencuci motor dan membersihkannya. Bagian shockbreaker tentunya yang harus dijaga kebersihannya, soalnya kalau kotoran dibiarkan menempel bisa bikin seal-nya bocor," kata Pardiman, Kepala Mekanik Takutic yang merupakan bengkel spesialis motor matic.

Cara Merawat Motor Matic Saat Musim Hujan

Selain itu, komponen lain yang harus selalu diperhatikan ialah tutup atau kop busi. “Kalau musim hujan biasanya kop busi juga harus diperhatikan, soalnya bisa masuk air kalau karetnya sudah longgar. Jika kondisinya sudah longgar lebih baik diganti," ucap Pardiman saat disambangi OtoRider.

   Baca Juga: Mengenal Teknologi Unggulan Mesin Yamaha, Forged Piston

Kemudian, bagian yang juga perlu diperhatikan kondisinya yaitu komponen CVT. Komponen ini sangat penting fungsinya sebagai penyalur tenaga dari mesin.

“Selanjutnya, tidak lupa bagian CVT juga harus dijaga, perhatikan selang kecil yang terhubung ke gearbox jangan sampai terlepas. Jika terlepas air bisa masuk ke bagian gearbox dan bercampur dengan oli gear atau gardan," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.