Sering Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor

Sering Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban Motor
Minggu, 11 September 2022 16:00
Afrizal Abdul Rahman

Bicara ban motor erat kaitannya dengan tutup pentil. Ya, tak sedikit yang menyepelekan hadirnya tutup pentil pada ban motor itu sendiri. Padahal, benda kecil satu ini memiliki banyak efek. 

Seperti dikutip dari laman Suzuki, tutup pentil mempunyai beragam manfaat yang dapat memberikan kenyamanan setiap pengendara. Lantas apa saja fungsinya? 

   Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Melubangi Mangkok Kampas Ganda Motor Matic

Tekanan angin

Tekanan angin pada ban harus stabil agar dapat memberikan kenyamanan. Hadirnya tutup pentil dapat menjaga tekanan angin agar tidak keluar atau bocor. 

Dengan ditutup juga bakal mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga pada kendaraan. Seperti contoh ketika menghantam lubang atau melindas batu besar yang menimbulkan tekanan. 

Ban motor Yamaha NMax

Mencegah ban pecah

Hal ini berkaitan dengan kondisi di atas, yang mana pentingnya menjaga tekanan pada ban. Ketika kendaraan digunakan dan melaju dengan kecepatan tertentu, maka membutuhkan tekanan yang ideal. Jika berkurang, bakal berpotensi membuatnya tidak stabil. 

Kondisi yang demikian bisa membahayakan pengendara. Pasalnya, dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang.

Agar tak terjadi masalah lain seperti ban pecah, penting untuk memerhatikan pentil pada ban. Pastikan tetap tertutup rapat. 

   Baca Juga: Ragam Pilihan Aksesori Aprilia Tuareg 660, Ada Apa Saja?

Mencegah kerusakan katup

Pentil ban atau valve cup memiliki peran vital seperti mencegah kerusakan pada katup keluar atau masuknya angin ke ban. 

Fungsi lainya juga agar terhindar dari air, debu, dan kotoran yang bisa membuat karat ataupun menyumbat valve tire. Sehingga, menyebabkan bocor halus ataupun menghambat saat pengisian angin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.