Ubah Pelek Honda CB150X Jadi Jari-Jari, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Ubah Pelek Honda CB150X Jadi Jari-Jari, Apa Saja yang Dibutuhkan?

 

Honda CB150X merupakan motor petualang pertama yang menggunakan mesin 150 cc 1-silinder. Astra Honda Motor menghadirkan motor ini menggunakan pelek palang dengan ukuran 17 inci baik di depan maupun di belakang. Lantas bagaimana kalau mengubahnya menjadi pelek jari-jari? Apa saja yang dibutuhkan?

Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage telah memodifikasi Honda CB150X menggunakan pelek jari-jari. Menurut Atenx jika ingin mengubah ke pelek jari-jari terdapat beberapa hal yang dibutuhkan. Di antaranya adalah tromol, jari-jari, dan pelek jari-jarinya harus dipersiapkan terlebih dahulu.

"Cuman yang mesti diperhatiin banget, sebelum ganti pelek jari-jari adalah pastikan ukurannya dulu. Mau pakai ring berapa? Karena kita ngomongin motor adventure, pengen jadi 17-19 inci atau 17-18 inci, aslinya kan 17-17," ujar Atenx ketika dihubungi oleh OtoRider, Senin (24/1).

Modifikasi Honda CB150X Katros Garage

"Nah yang mesti di perhatiin ganti depan yang lebih besar, naik satu step atau dua step. Kalau naik ukuran dari standar itu spatbor standar enggak bisa dipakai lagi. Jadi itu harus diperhatikan," lanjut Atenx.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha Fazzio Hybrid, Tampil Kian Klasik

Sedangkan untuk bagian belakang tidak akan masalah karena masih menggunakan pelek ring 17. Namun ukuran paling besar di swingarm stadar adalah ban dengan lebar tapak 140 mm untuk di belakang. Jika melebihi ukuran tersebut menurut Atenx membuat tampilannya terlalu memaksa.

Modifikasi Honda CB150X Katros Garage

Sementara untuk tromol Atenx menyarankan untuk menggunakan milik Honda CB150R. Menurut Atenx CB150R memiliki basis pelek yang sama dengan CB150X sehingga bagian cakram, kaliper, hingga as roda masih sama. Hanya saja, terdapat beberapa catatan jika ingin mengubah ukuran roda depan menjadi ring 19 inci.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha Fazzio Hybrid Livery Sean Wotherspoon

"Karena biasanya ukuran 19 inci ini untuk motor trail, jadi hole jari-jarinya itu beragam. Bisa 32 hole, 34 hole, 36 hole, sementara kalau dari ring 17 itu biasanya 36 hole. Jadi agak susah nyari pelek 19 inci yang 36 hole," pungkas Atenx.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id