Wajib Tahu! Ini 4 Penyebab CVT Motor Matic Bersuara Kasar

Wajib Tahu! Ini 4 Penyebab CVT Motor Matic Bersuara Kasar

 

Bagi Anda pengguna motor matic pernah merasakan CVT mengeluarkan suara kasar? Kondisi tersebut tentu menandakan adanya masalah yang terjadi. Namun, tak jarang pemilik kendaraan membiarkan masalah tersebut sampai berlarut-larut. Pada akhirnya, membuat pemilik merogoh kocek lebih dalam untuk membawanya ke bengkel. 

Lantas, apa saja penyebab CVT motor mengeluarkan suara kasar? Berikut penyebabnya seperti dikutip dari laman Suzuki.

   Baca Juga: Jika Diberlakukan, Daftar Motor Ini Dilarang Pakai Pertalite

Perubahanbentukroller 

Pada umumnya roller motor matic berbentuk bulat dan membantu mengoptimalkan performa mesin. Ketika bentuknya sudah berubah, bisa menyebabkan suara kasar pada motor. 

Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan performa motor berkurang dari biasanya dan menimbulkan suara yang tidak nyaman. 

Honda ADV160 2022

PlastikSliderMenutupRoller

Terdapat plastik slider pada kebanyakan mesin motor matic. Benda satu ini ternyata memiliki manfaat penting yaitu membantu proses pendinginan mesin. 

Namun, ketika suara mesin motor terdengar kasar, salah satu penyebab bisa dikarenakan plastik slider yang lepas dan menutupi roller. Alhasil, tutup roller menjadi tidak stabil dan menyebabkan banyak gerakan. 

   Baca Juga: Punya Dua Tipe, Apa Bedanya Honda ADV160 CBS dan ABS?

Yamaha Gear 125

Penggunaangasberlebihan

Apakah Anda pernah menggunakan gas secara berlebihan? Penggunaan berlebihan ini dapat menyebabkan suara mesin terdengar kasar. Ketika mesin sudah mengeluarkan suara yang tak biasa, tentu dapat menurunkan performa kendaraan dan harus merogoh kocek lebih dalam guna memperbaikinya. 

GearboxAus

Pengecekan gearbox menjadi hal penting yang harus dilakukan pengendara motor matic. Sebab, ketika kendaraan digunakan secara rutin dapat memengaruhi kondisi gearbox. Ketika sudah aus, maka akan menimbulkan celah dan menyebabkan suara kasar pada mesin motor matic. Jadi, pastikan untuk tetap merawat kendaraan Anda. 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id