Amankah Pakai Ban Belakang Motor di Roda Depan?

Amankah Pakai Ban Belakang Motor di Roda Depan?
Sabtu, 22 Juli 2023 20:30
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Modifikasi yang umum dilakukan oleh pemilik motor adalah mengganti atau upgrade ukuran ban. Tujuannya, agar motor terlihat lebih gambot atau berisi.

Namun, ada juga yang mengganti ban belakang jadi lebih besar, lalu memindahkan ban belakang lama ke roda depan. Nah, apakah hal tersebut sebenarnya boleh dilakukan?

   Baca Juga: Lebih Murah dari BeAT, Honda Rilis Skutik Baru Seharga Rp 15 Jutaan

“Kalau kami menyarankan sebaiknya jangan dilakukan. Karena peruntukan ban depan dan bekalang itu berbeda,” ujar Rusli, Kepala Toko Planet Ban Cikaret, Cibinong kepada OtoRider.

"Jadi untuk keselamatan sebaiknya hal tersebut enggak dilakukan, dan pakailah ban sesuai dengan peruntukkannya," jelas Rusli.

   Baca Juga: Catat! Ini Ciri-Ciri Rumah Kopling Motor yang Mulai Oblak

Selain itu, ban depan motor biasanya punya alur khusus yang berada pada bagian tengah. Fungsinya, untuk memecah air agar tidak licin ketika berkendara di jalan basah atau tergenang. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.