Bolehkah Cat Semprot Langsung Ditimpa Cat Kompressor?

Bolehkah Cat Semprot Langsung Ditimpa Cat Kompressor?
Rabu, 1 Februari 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu cara agar tampilan motor kembali kinclong yaitu dengan melakukan repaint. Repaint juga banyak dilakukan sendiri oleh para pemilik motor dengan menggunakan cat semprot atau aerosol. 

Apalagi, saat ini pilihan cat semprot kalengan untuk repaint body motor memang semakin lengkap dan punya kualitas bagus. Namun, jika bosan dengan warna cat semprot tersebut, jangan langsung ditimpa dengan cat kompresor. 

   Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Poles Setelah Repaint Body Motor Selesai

Cat Semprot Ditimpa Cat Kompressor

Sebab, akan ada efek negatifnya jika langsung ditimpa saat proses repaint pakai cat kompressor. "Kalau bekas cat semprot langsung ditimpa, efeknya cat bisa keriting," ujar Junistian Farhan, Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Menurut Junistian, bekas cat semprot yang menempel di body sebaiknya dikerok sampai habis terlebih dahulu. "Harus dikerok terlebih dahulu, setelah itu diberikan lapisan epoxy supaya tidak keriting. Penyebab cat bisa keriting itu karena cat semprot dan cat kompresor kalengan itu kan beda senyawa kimianya," ucap Junsitian kepada OtoRider.

Cat Semprot Ditimpa Cat Kompressor

Cat semprot dan cat kompressor punya senyawa yang berbeda, makanya akan muncul reaksi kimia yang membuat cat keriting. "Kalau tidak keriting paling hasilnya pasti akan kasar, makanya lebih baik kerok terlebih dahulu sisa cat semprotnya," jelas pria yang memulai usaha bengkel cat sejak 2017 itu.

   Baca Juga: Selain Sinar Matahari, Busi Palsu Bisa Sebabkan Sunburn di Speedometer

Junistian menjelaskan hal ini berlaku untuk pengecatan di berbagai media seperti pelek, sasis, kaki-kaki ataupun body, semuanya harus dirontokkan terlebih dahulu. "Kecuali, ingin pakai cat semprot ke media bekas cat kompressor itu baru aman, karena lapisan bawahnya kuat," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.