Ternyata Ini Fungsi Poles Setelah Repaint Body Motor Selesai

Ternyata Ini Fungsi Poles Setelah Repaint Body Motor Selesai
Selasa, 31 Januari 2023 09:00
Ruslan Abdul Gani

Saat melakukan repaint pasti membutuhkan waktu dan pengerjaan yang tidak sebentar. Sebab, ada ada beberapa tahapan, di antaranya mulai dari epoxy, mendempul permukaan yang tidak rata, base coat, top coat, sampai tahap terakhir pernis atau clear.

Namun, ada lagi satu proses tambahan setelah melakukan clear atau pernis, yaitu pemolesan atau polishing. Lantas, apa fungsi dari tahap poles saat repaint?

   Baca Juga: Selain Sinar Matahari, Busi Palsu Bisa Sebabkan Sunburn di Speedometer

Fungsi Poles Setelah Repaint Selesai

Junistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat mengatakan fungsi dari poles setelah tahap clear ialah untuk menghilangakan sisa kotoran yang menempel. "Untuk menghilangkan debu halus yang menempel, supaya hasilnya lebih halus apalagi ketika diraba tangan," ujar Junistian kepada OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Menurut Junistian, tahapan poles ini wajib dilakukan, apalagi untuk yang mengecat di ruangan tidak terlalu tertutup. "Biasanya debu halus yang tidak terlihat kasat mata menempel di lapisan clear atau pernis, terkadang melakukan pengecatan di ruangan tertutup saja masih suka masuk debu halus," ucap Junistian.

Fungsi Poles Setelah Repaint Selesai

Junistian menjelaskan sebelum melakukan poles supaya debu halusnya hilang, lakukan pengamplasan terlebih dahulu. "Amplas dulu pakai ukuran grid 1500 atau lebih. Jangan yang terlalu kasar, nanti lapisan clear jadi baret bahkan habis," jelasnya.

   Baca Juga: Awas! Ini Penyebab Cat Keriting Saat Proses Repaint Body Motor

Setelah diamplas, barulah masuk tahapan poles menggunakan compound untuk mengembalikan clear supaya terlihat kilau kembali. "Setelah kilau atau mengkilap kembali boleh dilakukan waxing atau sealant agar lebih terlihat wet look," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.