Cara Usir Rasa Mengantuk Selama Berkendara di Bulan Puasa

Cara Usir Rasa Mengantuk Selama Berkendara di Bulan Puasa
Jumat, 7 April 2023 11:00
Afrizal Abdul Rahman

Tak sedikit seseorang merasakan kantuk saat menjalankan puasa. Hal tersebut terjadi karena kadar gula yang menurun akibat tidak adanya asupan makanan dalam waktu lama.

Bagi Anda yang banyak melakukan rutinitas di jalan dengan menggunakan roda dua, kehadiran rasa kantuk tentu sangat mengganggu. Tetapi tenang saja, ada cara sederhana guna mengatasinya yaitu mencuci muka.

"Cuci muka itu dapat mengatasi kantuk, karena ketika air menyentuh permukaan kulit itu syaraf kulit akan ikut tersentak," kata Prof. Dr. Hardinsyah MS, Guru Besar Ilmu Gizi IPB University dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia saat dihubungi OtoRider baru-baru ini.

   Baca Juga: Awas! Hal Ini Bisa Bikin Kunci Kontak Motor Macet Saat Musim Hujan

Dalam memilih air, Anda disarankan menggunakan air dingin dan tidak direkomendasikan menggunakan air hangat. Hal tersebut diungkapkan oleh Dendy Engelman, MD selaku ahli dermatologi kosmetik bersertifikat dan ahli bedah Mohs dengan Shafer Clinic di New York City dikutip dari laman Everdyhealth.

Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS

"Mencuci wajah dengan air hangat dapat menyedot kelembaban dari kulit, membuatnya kering dan bisa teriritasi," ucapnya.

Ia mengatakan air dingin dapat mengencangkan kulit dengan cara merangsang aliran darah dan meningkatkan sirkulasi. Termasuk bisa digunakan bagi yang memiliki kulit sensitif.

   Baca Juga: Awas! Kondisi Rem Cakram Seret Bisa Bikin Motor Boros Bensin

"Bagi yang memiliki kulit sensitif juga bisa menggunakan air dingin agar kulit tidak mudah kering dan kadar minyak dapat bertahan untuk kelembaban," ujarnya.

Tak hanya mencuci muka, istirahat sejenak bisa menjadi pilihan untuk mengusir kantuk selama berkendara saat bulan puasa. Menurut Hardinsyah, hal tersebut dilakukan agar aliran darah dan oksigen tetap lancar. "Intinya agar aliran darah dan oksigen tetap lancar, bisa istirahat sejenak," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.