CVT Honda BeAT Timbul Suara Kasar? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

CVT Honda BeAT Timbul Suara Kasar? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

 

Penyakit yang sering timbul di Honda BeAT yaitu timbul suara kasar dari bagian CVT. Hal itu disebabkan oleh kondisi rumah roller atau bosh pulley yang sudah aus, bahkan rusak.

Faiz selaku Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di Beji, Depok, Jawa Barat pun memberikan komentarnya. "Menurut pengalaman saya, penyakit pada Honda BeAT CVT-nya timbul suara kasar memang sering terjadi, sudah beberapa kali menanganinya," ujar Faiz saat ditemui OtoRider.

   Baca Juga: Ciri Sistem Rem ABS Motor Mengalami Kerusakan, Sudah Tahu?

CVT Yamaha NMax 155

Suara kasar yang timbul dari CVT Honda BeAT umumnya disebabkan oleh komponen rumah roller yang sudah aus. "Biasanya kondisi rumah roller yang aus jadi penyebab timbul suara kasar. Bagian yang aus itu pada bosh bagian tengah di rumah roller," ucap Faiz.

Dalam kinerjanya, bosh pulley depan akan bergesekan langsung dengan rumah roller dan bisa aus karena pemakaian. "Seiring pemakaian kondisi rumah roller dan bosh-nya pasti bisa aus. Kalau sudah aus biasanya ada bagian yang terkikis. Hal itu membuat bosh pulley oblak dan timbulkan suara kasar," jelasnya.

Simak Bahaya lain Membiarkan Seal Kruk As CVT Rusak

   Baca Juga: Bikin Yamaha NMax Akselerasi Lebih Cepat Cuma Pakai Komponen Xeon

Faiz menuturkan suara kasar dari rumah roller yang sudah aus itu biasanya berbunyi ngerecek. "Suaranya ngerecek seperti kondisi mesin yang piston dan silindernya sudah baret-baret, tapi sumbernya dari CVT dan knalpot tidak ngebul. Ketika motor semakin digas, rpm semakin tinggi, suaranya semakin keras," tuturnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id