Gejala Baterai Motor Listrik Bermasalah, Apa Saja?

Gejala Baterai Motor Listrik Bermasalah, Apa Saja?
Rabu, 8 Februari 2023 12:00
Afrizal Abdul Rahman

Terdapat tiga komponen penting yang wajib diperhatikan setiap pengguna motor listrik, mulai dari dinamo, controller, hingga baterai. Tujuannya agar motor listrik tetap awet saat digunakan untuk menemani keseharian.

Namun demikian, tak sedikit pengguna yang lalai. Di antaranya seperti charging dengan waktu yang terlalu lama, sehingga berpotensi membuat baterai tidak berumur panjang.

   Baca Juga: Di Giannantonio dan Alex Marquez Ikuti Ajang Jakarta-Meet & Ride 2023

Arif selaku Kepala Teknis Petrik Bike yang merupakan bengkel spesialis konversi kendaraan bensin ke listrik mengatakan ada beberapa gejala untuk mengetahui bahwa baterai sudah bermasalah. 

Komponen motor listrik

"Gejalanya pertama waktu pengecasan baterai tidak normal. Misalnya contoh, harusnya 4-6 jam tapi ini belum lama di-charging sudah penuh," katanya kepada OtoRider baru-baru ini. 

   Baca Juga: Manfaatkan Cadangan Nikel, Pertamina Siapkan Ekosistem Baterai Motor Listrik

Tak hanya itu saja, menurut pria yang sudah terjun ke dunia kelistrikan sejak 2014 ini menilai ada gejala lain yang bisa dirasakan ketika baterai sudah tak layak pakai. "Selain cepat penuh, saat menggunakan motor listrik baterainya cepat habis. Itu bisa menjadi tanda," tambahnya. 

Untuk memastikan baterai dalam keadaan baik, ia mengatakan Petrik Bike bisa melihat parameter yang ada, guna mengecek kapasitas baterai itu sendiri. 

Ada beberapa kebiasaan yang dapat memengaruhi usia baterai. Ketika sudah rusak tentu akan membutuhkan biaya yang tak sedikit. "Kalau mau buat motor listrik itu kan baterainya yang mahal. Bisa 1/3 dari harga, jadi tinggalkan kebiasaan buruk," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.