Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Busi Motor Matic

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Busi Motor Matic
Selasa, 11 Juli 2023 12:30
Nabiel Giebran El Ri

Busi yang dipakai di motor matic maupun bebek atau sport pada dasarnya sama. Perbedaannya hanya pada sistem pembakaran motor, ada yang injeksi maupun karburator.

"Untuk motor matic yang sistem injeksi harus memakai busi khusus injeksi, begitu juga yang karburator enggak boleh sampai tertukar," kata Indra Gunawan, Service Advisor Yamaha Kurnia Jaya Motor, Sukahati.

   Baca Juga: Ini Penyebab Kick Starter di Motor Terasa 'Ngelos'

Selanjutnya, Anda bisa lihat dari kode struktur dan dimensi busi. Caranya cukup mudah, umumnya kode tersebut ada pada badan busi.

Busi Panas Dan Busi DIngin

"Lihat diameter ulirnya dari huruf pertama. Misalnya kodenya C, berarti motor itu punya diameter ulir busi 10 mm," tambahnya.

   Baca Juga: Marc Marquez Ada di Periode Sulit, Begini Saran Alex Marquez

Lalu, bagaimana cara untuk melihat panjang ulir? “Cukup melihat huruf dari kode angka pertama di busi. Misalnya CPR8E-A9. Berarti kode panjang ulir itu E, berati busi itu punya panjang ulir 19 mm," jelas Indra. 

Terakhir, Indra menyarankan untuk selalu berpatokan pada pedoman yang diberikan oleh pabrikan. “Kalau mengikuti kode pabrikan enggak bakal salah pilih, diameter dan panjang ulir akan sama," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.