Kekurangan dan Kelebihan Cat Doff Dibandingkan Metalik pada Motor

Kekurangan dan Kelebihan Cat Doff Dibandingkan Metalik pada Motor
Sabtu, 8 Juli 2023 17:30
Nabiel Giebran El Ri

Motor keluaran terbaru saat ini umumnya memiliki dua tipe cat bodi, yakni doff dan metalik. Umumnya, cat doff berwarna lebih kusam dibanding metalik. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan pada tipe cat bodi motor doff?

Kelebihan dari cat doff mempunyai kesan yang garang dan eksklusif. Cat tipe ini juga lebih tahan lecet ringan atau swirlmark. Lalu, lebih mudah dibersihkan ketika kotor atau berdebu.

   Baca Juga: Tes Konsumsi Bensin Yamaha Grand Filano, Seberapa Irit?

“Proses detailing cukup hanya proses dekontaminasi saja kalau pada cat terdapat watermark atau jamur, karena perawatan lainnya tidak bisa diaplikasikan pada cat jenis doff,” ujar Aji, salah satu pegawai BKK Painting.

Cuci Motor, Detailing, nano coating SCT Indonesia scuto

Sementara, kekurangan dari cat doff pada permukaannya tak bisa dipoles menggunakan wax atau kompon bila tergores. Jika terdapat baret, cat doff harus dilakukan pengecatan ulang. Sedangkan, untuk cat metalik cukup dipoles saja ketika mengalami baret ringan.

   Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih

Karena tidak punya lapisan pernis, dalam jangka panjang warna cat doff akan terlihat memudar. Pilihan perlengkapan perawatan cat doff pun bisa dibilang cukup terbatas, jika dibandingkan cat metalik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2023. Otorider.com. All rights reserved.