Mau Pasang Kampas Rem Baru di Motor? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Mau Pasang Kampas Rem Baru di Motor? Perhatikan Dulu Hal Ini!
Jumat, 21 Juli 2023 09:15
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Salah satu komponen penting pada sistem pengereman motor ialah kampas rem. Kampas rem akan bersentuhan langsung dengan piringan cakram saat motor melakukan pengereman.

Kampas rem pun memiliki masa pakai dan harus diganti secara berkala. Guna mengetahui waktu penggantiannya, bisa dilakukan pengecekan ketebalan kampas atau dilihat melalui indikator pada tabung minyak rem.

   Baca Juga: Tips Mencegah Karat di Motor, Lakukan Beberapa Hal Ini!

Nah, bila kampas rem memang sudah harus diganti, apakah ada hal yang perlu diperhatikan? “Supaya dapat bekerja dengan baik, pastikan kondisi piringan cakram masih cukup tebal dan layak pakai,” ujar Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede.

Cara mengeceknya cukup mudah. Bisa menggunakan alat atau dilihat dan diraba langsung. Kalau sudah ada cekungan, baiknya ganti dulu piringan cakramnya.

   Baca Juga: Bursa Pembalap KTM di MotoGP, Pol Espargaro Optimistis Bertahan

Jika hal ini tak dilakukan, maka sistem pengereman jadi tidak maksimal dan ada risiko piringan cakram patah ketika motor digunakan.

“Kalau kondisi piringan masih layak pakai, kampas bisa segera langsung dipasang dan bisa langsung diuji coba, mengerem bisa langsung pakem lagi,” ucapnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.