Mesin Motor Overheat Saat Perjalanan Jauh? Begini Cara Atasinya

Mesin Motor Overheat Saat Perjalanan Jauh? Begini Cara Atasinya
Jumat, 28 April 2023 23:55
Ruslan Abdul Gani

Ketika motor dipakai untuk perjalanan jauh terkadang ada saja masalah yang dialami, salah satunya ialah mesin overheat. Mesin overheat saat digunakan perjalanan jauh itu antara lain disebabkan oleh medan yang dilalui cukup berat atau macet parah.

Namun, jika mengalami overheat, tidak perlu khawatir. Itu karena merupakan hal yang lazim terjadi di motor. Ada sejumlah cara mengatasi mesin motor yang tiba-tiba mengalami panas berlebih tersebut.

   Baca Juga: Perbedaan Sistem Kelistrikan Fullwave dan Halfwave pada Motor

Mesin Motor Mengalami Overheat

Menurut Jayadi, Pemilik Bengkel Jaya Speed, motor ketika dipakai untuk perjalanan jauh memang rentan mengalami overheat. Kondisi jalanan ketika libur Lebaran yang macet dan medan cukup berat bisa menjadi penyebabnya. 

"Kondisi jalanan yang macet, apalagi menanjak membuat proses pendinginan mesin tidak maksimal. Akhirnya, mesin bisa mengalami overheat," ujar Jayadi kepada OtoRider di Cijantung, Jakarta Timur.

Mesin Motor Mengalami Overheat

Jayadi menjelaskan jika mengalami overheat, pengendara tidak perlu panik. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. "Jika mesin sudah ada tanda overheat seperti lampu indikator suhu menyala, sebaiknya langsung matikan mesin," ucap Jayadi.

   Baca Juga: Cek Kondisi CVT Vespa Matic Jelang Libur Lebaran, Periksa 2 Hal Ini!

Setelah mesin dimatikan, diimbau langsung menepi ke pinggir jalan. "Menepi dan istirahatkan dulu mesin motornya, sampai benar-benar kembali dingin," jelasnya.

Pasalnya jika motor dalam kondisi overheat terus digunakan, maka mesin akan berpotensi mengalami kerusakan fatal. "Kalau masih overheat dipaksa jalan piston bisa macet, blok silinder rusak, dan akan berdampak juga ke part lain," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.