Perbedaan Sistem Kelistrikan Fullwave dan Halfwave pada Motor

Perbedaan Sistem Kelistrikan Fullwave dan Halfwave pada Motor
Kamis, 13 April 2023 12:45
Ruslan Abdul Gani

Sistem kelistrikan pada motor umumnya terdapat dua jenis, yakni halfwave dan fullwave. Istilah ini biasanya sering disebut ketika ingin melakukan modifikasi pada sistem kelistrikan. Lantas, apa perbedaan antara sistem kelistrikan halfwave dan fullwave?

Hariza Yazidi selaku Pemilik Light Corner yang merupakan bengkel spesialis kelistrikan dan lampu menjelaskan sistem halfwave masih menggunakan kelistrikan jenis AC. "Cirinya suplai arus listrik pada lampu utama masih mengambil dari jalur spull, lampu baru akan hidup setelah mesin menyala dan akan lebih terang ketika mesin berputar kencang," ujar Hariza saat ditemui OtoRider di Jalan Raya Bogor, Cibubur, Jakarta Timur.

   Baca Juga: Tips Bersihkan Injector Motor, Bisa Pakai Cairan Ini Tiap 5.000 Km

kiprok motor

Sedangkan, fullwave berarti seluruh kelistrikan motor bersumber dari spull. "Melalui spull dibantu oleh komponen kiprok dan aki," ucap Hariza.

Kiprok ini fungsinya untuk mengubah arus AC yang dihasilkan spull menjadi DC sebelum dialirkan ke aki. "Jadi aki menampung listrik dari spull itu disaring oleh kiprok terlebih dahulu," jelasnya.

Kemudian, sistem fullwave lebih unggul dari halfwave dan punya berbagai kelebihan. Pada sistem fullwave, pengisian aki dilakukan secara terus menerus tiap putaran mesin, sehingga proses pengisian relatif sangat cepat dan arusnya sangat besar. 

Aki motor

   Baca Juga: Simak! Ini Manfaat Panaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari

"Sedangkan halfwave, sumber listrik dari spull banyak yang terbuang sia-sia ke massa (ground)," terangnya. Menurut Hariza, saat ini hampir sebagian besar motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem kelistrikan fullwave.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.