Kenali Tanda Kampas Rem Motor yang Sudah Perlu Diganti, Apa Saja?

Kenali Tanda Kampas Rem Motor yang Sudah Perlu Diganti, Apa Saja?
Selasa, 28 Februari 2023 12:00
Afrizal Abdul Rahman

Sistem pengereman pada motor menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Bicara sistem pengereman, hal yang wajib diperhatikan antara lain adalah kampas rem.

Sebab, kampas rem motor memiliki usia pakai yang bergantung pada cara berkendara. Nah, kali ini OtoRider ingin membagikan tips mengetahui kampas rem yang sudah perlu segera diganti.

   Baca Juga: 7 Tips Berkendara Saat Cuaca Hujan, Apa yang Perlu Diperhatikan?

"Paling simpel itu rem sudah tidak nyaman seperti biasanya. Kalau kata orang itu ngelos ya," kata Faiz, Pemilik Bengkel Dkutic di Depok, Jawa Barat kepada OtoRider baru-baru ini.

Merawat Sistem Rem ABS

Faiz mengatakan kampas rem yang sudah habis mengakibatkan setelan tak bisa diubah lagi atau sudah mentok. Nah, kondisi ini dapat menyebabkan banyak hal. "Bisa menyebabkan bunyi pada piringan cakram motor. Jadi kampas rem sudah habis, tinggal besi saja lalu beradu dengan besi piringan terjadi gesekan," tambahnya.

   Baca Juga: Satu Tim dengan Joan Mir, Marc Marquez Makin Pede?

Berdasarkan pengalaman puluhan tahun di bengkel, Faiz mengamati kampas rem bagian belakang ternyata lebih cepat habis ketimbang bagian depan. "Karena tangan itu selalu menempel pada rem. Padahal kan tidak boleh, harus pegang kendali. Tapi, kebanyakan ditekan untuk menahan," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.