Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Bunyi Berdecit

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Bunyi Berdecit
Sabtu, 24 Juni 2023 18:15
Nabiel Giebran El Ri

Sistem pengereman di motor sangatlah penting karena punya fungsi untuk mengurangi laju kendaraan. Oleh karena itu, rem motor juga butuh perawatan agar bisa selalu berfungsi dengan baik.

Salah satu penyakit rem yang sering dialami adalah timbulnya suara berdecit pada area cakram. Terlebih di saat sering turun hujan, biasanya rem bakal mengeluarkan suara decitan, khususnya ketika tuas rem ditekan. Nah, kira-kira apa ya penyebabnya?

   Baca Juga: Mulai Rp 195 Ribuan, Ini Pilihan dan Harga Ban Yamaha Gear 125

“Kalau pada bagian rem timbul bunyi, biasanya karena kotor. Kasusnya sering terjadi kalau sering turun hujan,” ucap Pras, mekanik Yamaha Harapan Motor, Bojong Gede.

“Kotoran biasanya akan menempel pada bagian kampas, karena kampas kan agak empuk, jadi kotoran mudah nempel dan ikut berputar di cakram terus jadi ada bunyi. Kalau dibiarkan hal ini, lama-lama cakram bisa baret,” katanya.

Tips Merawat Rem Cakram

   Baca Juga: Perayaan HUT ke-496, Pemprov DKI Jakarta Adakan Pemutihan Pajak Motor

Lalu, bagaimana solusinya kalau kampas rem kotor? “Sebaiknya langsung segera dibersihkan bagian pengeremannya. Kalau motor dengan cakram, bersihkan bagian kaliper dan kampas remnya,” kata Pras.

“Pertama, bisa coba untuk disemprot pakai angin dari kompresor. Kalau masih ada bunyi, berarti harus dibongkar, lalu kampas remnya dibersihkan menggunakan sikat kawat,” tutup Pras. Terakhir, bisa dicoba membersihkan sistem pengereman dengan memakai air dan sabun.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.