Simak! Ini Manfaat Panaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari

Simak! Ini Manfaat Panaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari
Rabu, 12 April 2023 23:35
Ruslan Abdul Gani

Supaya performa motor selalu dalam kondisi prima, pemilik harus rutin melakukan perawatan. Salah satu perawatan yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan memanaskan mesin motor setiap pagi.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan memanaskan mesin motor merupakan hal yang cukup umum didengar di masyarakat. "Hal tersebut dilakukan supaya mesin sepeda motor tetap awet sekaligus membuat kondisi motor tetap prima," ujar Ade Rohman.

   Baca Juga: Cara Usir Rasa Mengantuk Selama Berkendara di Bulan Puasa

Manfaat Panaskan Mesin Motor

Ternyata tak hanya itu, memanaskan motor setiap pagi juga memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Sirkulasi Oli ke Mesin 

Memanaskan sepeda motor membuat oli bersirkulasi ke ruang mesin, sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik. 

 2. Charge Accu Battery 

Sepeda motor yang jarang digunakan menjadikan accu battery perlu di-charger agar tidak nge-drop. Dengan menyalakan motor, membantu accu battery melakukan charging otomatis ketika mesin motor telah langsam. 

Manfaat Panaskan Mesin Motor

   Baca Juga: Tips Bersihkan Injector Motor, Bisa Pakai Cairan Ini Tiap 5.000 Km

3. Suhu Kerja Ideal 

Dengan memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan siap digunakan. Tapi seiring perkembangan teknologi mesin motor, membuat pemilik tak perlu lagi memanaskan mesin setiap pagi. Soalnya teknologi terkini sudah dilengkapi dengan sensor-sensor pendukung yang membuat kinerja mesin jadi lebih sempurna. 

"Meski demikian, pemilik sepeda motor tetap diperbolehkan melakukan pemanasan mesin dengan catatan melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan. Misal dengan menyalakan sepeda motor dan diamkan tanpa harus memutar-mutar tuas gas. Atau ketika motor sudah lama tidak digunakan, sehingga butuh perlakuan khusus agar mesin sepeda motor dapat kembali normal setelah lama tidak digunakan," jelas Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.