Perlukah Cat Dasar Saat Proses Repaint Body Motor?

Perlukah Cat Dasar Saat Proses Repaint Body Motor?
Jumat, 27 Januari 2023 19:00
Ruslan Abdul Gani

Seiring pemakaian, cat pada bodi motor lama-kelamaan akan terlihat kusam. Salah satu penyebabnya ialah karena sering terkena paparan sinar matahari. 

Kalau cat sudah kusam, tentu agar kembali terlihat kinclong salah satunya dengan cara melakukan cat ulang atau repaint. Proses pengecatan sendiri ada beberapa tahapan, di antaranya mulai dari epoxy, mendempul permukaan yang tidak rata, sampai tahap terakhir pernis atau clear.

   Baca Juga: Bolehkah Bodi Motor yang Baru Repaint Dicuci Pakai Sabun?

Fungsi Cat Dasar Saat Repaint

Dalam tahap pengecatan juga ada istilah base coat atau lebih dikenal sebagai cat dasar. Proses ini dilakukan biasanya sebelum masuk ke pewarnaan cat yang diinginkan. Lalu, apakah cat dasar selalu diperlukan saat repaint?

Junistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat mengatakan dalam proses pengecatan ulang atau repaint cat dasar sangat diperlukan. Akan tetapi, sifatnya kondisional. "Cat dasar sangat diperlukan pada jenis warna-warna tertentu, jadi enggak semua harus pakai cat dasar," ujar Junistian kepada OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Fungsi Cat Dasar Saat Repaint

Biasanya cat dasar itu sangat diperlukan untuk jenis warna cat seperti candy ataupun metalik. "Cat dasar di jenis candy dan metalik fungsinya untuk mengeluarkan warna yang diinginkan. Kalau tidak pakai, pasti warnanya tidak akan sesuai. Berbeda dengan cat-cat solid, ada yang tidak perlu pakai cat dasar," jelas Junistian.

   Baca Juga: Mau Cari Sepatu Riding Buat Harian? Simak 3 Tips Berikut Ini!

Jadi, untuk cat dasar ini sifatnya penting dan diperlukan, tapi tergantung dari jenis warna yang diinginkan. Kalau cat yang tidak perlu pakai cat dasar, sehabis tahapan epoxy bisa langsung ke cat inti atau top coat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.